Breaking News:

Pilpres 2019

Berkaca pada Kemenangan Trump, Jokowi Sebut Hasil Survei Pilpres Bisa Meleset

Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) tak begitu yakin pada hasil survei mengenai elektabilitasnya dalam Pilpres 2019.

TribunnewsBogor.com/Afdhalul Ikhsan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pemberian Sambungan Listrik PLN di Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Minggu (2/12/2018). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) tak begitu yakin pada hasil survei mengenai elektabilitasnya dalam Pemilihan Presiden 2019.

Ia menyebut hasil survei bisa meleset jauh, seperti ketika di Inggris dilakukan referendum apakah negeri itu tetap dalam atau keluar dari Uni Eropa (British Exit/Brexit).

Menurutnya, hasil survei pemilihan presiden dapat meleset karena ada perubahan kondisi politik dan ekonomi global.

Perubahan itu, menurutnya, dapat berdampak ke situasi nasional.

"Tiga minggu sebelum referendum Brexit (British Exit) saya bertemu PM Inggris, David Cameron. Saya tanya, Pak Cameron referendumnya bagaimana kira kira? Dia jawab kita (pendukung Inggris tetap dalam Uni Eropa) pasti menang besar. Tapi apa yang terjadi? Dalam referendum Brexit dia kalah, artinya perkiraan perkiraan itu meleset," kata Jokowi di Hotel Abadi, Jambi.

Selain melakukan kunjungan kerja, Jokowi juga bertemu calon anggota legislatif dari partai koalisi dan rapat Tim Kampanye Daerah (TKD) Jambi.Dalam kunjungan kerjanya, Presiden Jokowi menyerahkan surat keputusan perhutanan sosial menyangkut lahan seluas 92 ribu hektare untuk 8.165 kepala keluarga.

Masuk Daftar Orang Paling Kuat di Dunia Versi Forbes, Peringkat Jokowi Berada di Atas Presiden FIFA

Megawati Soekarnoputri Cegah Kapitra Laporkan SBY, Demokrat Tak Merasa Tuduh PDIP

Referendum mengenai keanggotaan Inggris di Uni Eropa yang biasa disebut Brexit dilakukan 23 Juni 2016 lalu. Hasilnya, 51,9 persen memilih untuk keluar dari Uni Eropa.

"Kedua Hillary Clinton lawan Donald Trump. Semua survei mengatakan Hillary Clinton sampai detik terakhir menang, tapi feeling saya, mengatakan Donald Trump (menjadi pemenang). Ini yang saya katakan ada perubahan ekonomi global, politik global, sehingga ikut mengubah ekonomi dan politik nasional," tambah Jokowi.

Jokowi juga mengingatkan fenomena media sosial. "Zaman keterbukaan lewat media sosial, tidak bisa terbendung lagi, banyak isu berkembang setiap jam, setiap menit berubah," ungkap Jokowi.

Berdasarkan hasil sejumlah lembaga survei menunjukkan pasangan Jokowi Ma'ruf Amin masih memenangkan pemilihan presiden (pilpres) 2019. Lembaga survei Median merilis survei soal elektabilitas pasangan capres cawapres di Pilpres 2019.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved