Pemilu 2019

Antisipasi Hama Serangga, KPU Jakarta Barat Oleskan Anti Rayap di Gudang Penyimpanan Kotak Suara

Selain menggunakan anti rayap, kata Cucum, pembuatan rak kayu dan mempertahankan kotak suara terbungkus plastik juga dilakukan untuk mengantisipasi.

Antisipasi Hama Serangga, KPU Jakarta Barat Oleskan Anti Rayap di Gudang Penyimpanan Kotak Suara
TRIBUNJAKARTA.COM/NOVIAN ARDIANSYAH
Ketua KPU Jakarta Barat Cucum Sumardi saat melakukan uji kekuatan terhadap kotak suara di kantor KPU Jakarta Barat, Selasa (18/12/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Novian Ardiansyah

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBON JERUK - Kotak suara Pemilu 2019 terbaru yang terbuat dari karton kedap air disebut tidak tahan terhadap serangan serangga, utamanya rayap. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Barat pun melakukan antisipasi.

Dikatakan Ketua KPU Jakarta Barat, Cucum Sumardi, pihaknya telah melakukan antisipasi serangan rayap terhadao kotak suara dengan cara mengoleskan cairan anti rayap di gudang penyimpanan yang berada di Kelapa Dua, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

"Terhadap rayap, untuk penyimpanan di gudang kita setelah datang gudang kami steril. Di lantai kami beri anti rayap, termasuk dinding kita beri anti rayap," kata Cucum di kantor KPU Jakarta Barat, Selasa (18/12/2018).

Selain menggunakan anti rayap, kata Cucum, pembuatan rak kayu dan mempertahankan kotak suara terbungkus plastik juga dilakukan untuk mengantisipasi dari serangan serangga.

Ketua KPU Jakarta Barat Cucum Sumardi saat melakukan uji kekuatan terhadap kotak suara di kantor KPU Jakarta Barat, Selasa (18/12/2018).
Ketua KPU Jakarta Barat Cucum Sumardi saat melakukan uji kekuatan terhadap kotak suara di kantor KPU Jakarta Barat, Selasa (18/12/2018). (TRIBUNJAKARTA.COM/NOVIAN ARDIANSYAH)

"Kemudian kita buat rak-rak dari kayu, kakinya juga kita kasih anti rayap. Nanti ditimpa. Gudangnya di Kelapa Dua. Datangnya juga dalam keadaan terbungkus plastik. Insyaallah tidak akan kena rayap," ujar Cucum.

Sebelumnya, Cucum juga melakukan rangakain uji kekuatan terhadao kotak suara yang terbuat dari karton tersebut.

Mulai dari digunakan untuk mengankat orang berbobot 50 kg, diduduki beban 85 kg. Hingga disiram menggunakan air dari selang untuk membuktikan karton kotak suara kedap air.

"Sekarang kita buktikan lagi kekuatan kotak dengan diduduki orang seberat 86 kilogram. Kakinya angkat dan walau didudukin tapi juga enggak jeblos. Sekarang dinaiki orang seberat 50 kilogram, kotak masih tetap bertahan. Kotak suara yang dari kotak kedap air ini masih kuat," jelas Cucum membuktikan kekuatan kotak suara tersebut.

Cucum pun menepis isu soal kotak suara yang terbuat dari kardus dan tidak memiliki daya tahan yang kuat tersebut.

Menurutnya, kotak suara untuk Pemulu 2019 mendatang terbuat dari bahan karton kedap air yang berbeda dengan kardus pada umumnya.

"Kotak suara ini terbuat dari karton kedap air, jadi mohon diralat nih bukan kardus biasa. Kesannya kalau dibilang kardus kayak kardus mie. Ini karton kedap air yang akan digunakan untuk menjadi kotak suara Pemilu 2019," kata Cucum.

Penulis: Novian Ardiansyah
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved