Breaking News:

Kali di Jalan KH. Abu Bakar Tambun Bekasi Penuh Sampah

Kali pengairan di Jalan KH. Abu Bakar, Desa Setiadarma, Kecamatan Tambun Selatan, dipenuhi sampah

TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Tumpukan sampah di Kali Pengairan di Jalan KH. Abu Bakar, Desa Setiadarma, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, TAMBUN SELATAN - Kali pengairan di Jalan KH. Abu Bakar, Desa Setiadarma, Kecamatan Tambun Selatan, tepatnya di perempatan dekat SMA Pusaka Nusantara 2 Bekasi dipenuhi sampah.

Pantauan TribunJakarta.com, tumpukan sampah memenuhi permukaan kali hingga menyumbat aliran air. Sampah didominasi sampah rumah tangga seperti plastik, sterofom, hingga ranting-ranting pohon.

Lili Srimedali tukang ojek yang biasa mangkal di dekat lokasi mengatakan, sampah-sampah itu menumpuk hampir setiap hari. Kebanyakan sampah berasal dari warga yang tinggal di sekitaran bantaran kali yang membuang sampah sembarangan.

"Hampir setiap hari ada sampah di sini, emang warga yang nggak pada tertib main buang sampah aja sembarang ke kali, kadang kalau saya lagi mangkal malam-malam saya sempet pergokin warga buang sampah pakai motor," ungkap Lili saat dijumpai TribunJakarta.com, Rabu, (19/12/2018).

Kondisi kali yang kerap dipenuhi sampah rupanya sempat dibersihkan setiap satu bulan sekali oleh petugas kebersihan. Namun tidak lama setelah dibersihkan, sampah dengan cepat kembali menumpuk.

Sampah yang menumpuk kata Lili diperkirakan sepajang 15 meter di atas permukaan kali. Akibatnya aliran air kali kerap tersumbat hingga menimbulkan banjir ketika hujan melanda.

"Setiap jumat seinget saya mah, sebulan sekali, cuma gitu tiga hari abis dibersihin juga udah numpuk lagi, jadi bikin banjir kalu musin ujan karena airnya mampet ketutup sampah, kali meluap sampe ke jalan," ungkapnya.

Kasudin LH Jakbar Optimis Larangan Kantong Plastik Bikin Jumlah Sampah Berkurang

Sadarkan Pelaku Buang Sampah, Sea World Hadirkan Akuarium Sampah Plastik

Sementara itu, warga lain bernama Anto mengatakan, tumpukan sampah kerap terjadi di kali pengairan Jalan KH. Abu Bakar sudah terjadi cukup lama. Sebelumnya, sampah kerap menumpuk di aliran kali yang berada di Desa Mekarsari, atau dinsebrang jalan lokasi tumpukan sampah berada.

Namun, sejak beberapa tahun lalu, warga Desa Mekarsari membuat jaring di bawah jembatan yang menjadi Jalan Sultan Hasanudin, sehingga sampah tidak ikut terbawa arus dan menumpuk di Jalan KH Abu Bakar.

"Udah bertahun-tahun ini mah, gak ada solusi apa-apa cuma dibersihin aja tapi abis itu ada lagi sampah, harusnya bikin peringatan biar warga yang buang sampah sembarangan bisa jera, denda kalau bisa misalnya ketahuan buang sampah," tegas Anto.

Foto : Tumpukan sampah di Kali Pengairan di Jalan KH. Abu Bakar, Desa Setiadarma, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved