Breaking News:

7 Fakta Tsunami, Ditandai Gempa hingga Kecepatan Gelombang Melampaui Pesawat Jet

Tsunami adalah serangkaian gelombang air besar yang disebabkan oleh letusan gunung berapi atau gempa bawah laut atau tanah longsor.

Istimewa/Intisari
Ilustrasi tsunami 

TRIBUNJAKARTA.COM - Indonesia kembali berduka. Pada hari Sabtu (22/12/2018) malam, terjadi tsunami setinggi 0,9 meter di pesisir pantai Banten dan sekitar Selat Sunda.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan kesimpulan tersebut setelah mendapatkan data dari 4 stasiun pengamatan pasang surut di sekitar Selat Sunda pada waktu kejadian tsunami, yaitu pukul 21.27 WIB.

Hasil pengamatan menunjukkan tinggi gelombang masing-masing 0.9 meter di Serang pada pukul 21.27 WIB, 0,35 meter di Banten pada pukul 21.33 WIB, 0,36 meter di Kota Agung pada pukul 21.35 WIB, dan 0,28 meter pada pukul 21.53 WIB di Pelabuhan Panjang.

Hingga berita ini diturunkan, korban meninggal sudah mencapai 200 orang dan ratusan lainnya masih hilang dan mengalami luka-luka.

Diketahui tsunami ini bukanlah kejadian pertama yang menimpa Indonesia.

Tentu kita masih ingat tsunami Aceh pada tahun 2004 yang menewaskan ratusan orang dan baru-baru ini tsunami yang melanda Palu dan Donggala pada September 2018.

Tapi sebenarnya apa sih tsunami itu?

Tsunami adalah serangkaian gelombang air besar yang disebabkan oleh letusan gunung berapi atau gempa bawah laut atau tanah longsor atau dampak dari meteoroid atau jenis ledakan bawah air.

Rangkaian gelombang tsunami juga dikenal sebagai kereta gelombang dan waktu antara dua gelombang dapat berkisar antara beberapa menit dan beberapa jam.

Biasanya gelombang pertama tsunami bukanlah yang paling merusak.

Halaman
1234
Editor: Erlina Fury Santika
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved