Breaking News:

Tsunami di Banten

Sederet Bencana Tsunami Paling Mematikan di Dunia

Sejarah mencatat bahwa bencana alam tersebut hampir selalu merenggut banyak nyawa.

Editor: Kurniawati Hasjanah
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Seorang petugas berdiri di atas tumpukan bangunan di Desa Sambolo, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten setelah terhempas air Tsunami, Senin (24/12/2018). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Banyak tsunami yang telah terjadi sepanjang sejarah manusia. Beberapa di antaranya adalah yang terjadi di Indonesia.

Seperti tsunami yang menghantam wilayah Mentawai pada Oktober 2010 dan tsunami Aceh pada 2004 lalu. Pada tahun 2018, Indonesia dihantam dua peristiwa tsunami, yakni di Palu dan Selat Sunda.

Sejarah mencatat bahwa bencana alam tersebut hampir selalu merenggut banyak nyawa. Berikut ini adalah lima tsunami paling mematikan yang pernah terjadi di Bumi:

1. Tsunami Aceh

Tsunami ini terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 akibat gempa berkekuatan 9,1 hingga 9,3 skala Richter. Gelombang tsunami menyapu beberapa wilayah di Aceh, India, Sri Lanka, Thailand, Maladewa, dan wilayah Afrika Timur.

Sebanyak 226.000 jiwa tewas akibat tsunami ini dan 166.000 orang merupakan warga negara Indonesia. Gempa penyebab tsunami ini merupakan gempa terbesar keempat yang terjadi dalam sejarah, sedangkan tsunaminya merupakan yang terbesar.

Beredar Kabar Gempa dan Tsunami Akan Terjang Indonesia di Malam Tahun Baru 2019, BMKG Tegaskan Hoaks

Tips Menyelamatkan Diri Ketika Bencana Terjadi, Bisa Sembunyi di Bak Mandi Jika Ada Tornado

Dukung Ifan Seventeen Lewat Lagu Dunia Sementara Akhirat Selamanya, Derry Sulaiman: Pria Terbaik

2. Tsunami di masa Yunani Kuno

Tsunami pada masa Yunani Kuno ini diketahui merupakan tsunami pertama yang terekam sepanjang sejarah.

Penyebab tsunaminya adalah meletusnya gunung yang berada di dekat Pulau Thera atau Santorini.

Jumlah orang yang tewas dalam tsunami ini tidak diketahui dengan pasti, tetapi diperkirakan mencapai lebih dari 100.000 orang.

 
Sebagian akses jalan di Anyer - Carita yang sudah bisa dilewati pada sebelumnya terputus karena Tsunami Selat Sunda, Senin (24/12/2018).
Sebagian akses jalan di Anyer - Carita yang sudah bisa dilewati pada sebelumnya terputus karena Tsunami Selat Sunda, Senin (24/12/2018). (TribunJakarta.com/Ega Alfreda)
Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved