Breaking News:

Tsunami di Banten

Menteri Jonan: Tsunami Selat Sunda Belum Tentu karena Erupsi Gunung Anak Krakatau

Jonan menyambangi Pos Pantau Gunung Anak Krakatau untuk mengecek aktivitas gunung tersebut yang diduga menjadi biang keladi tsunami Selat Sunda.

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan saat menyambangi Pos Pantau Gunung Anak Krakatau di Kabupaten Serang, Jumat (28/12/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, ANYER - Menteri ESDM, Ignasius Jonan memprediksi tsunami yang menghantam Banten kemungkinan bukan dari erupsi Gunung Anak Krakatau.

Jonan menyambangi Pos Pantau Gunung Anak Krakatau untuk mengecek aktivitas gunung tersebut yang diduga menjadi biang keladi tsunami Selat Sunda.

Ia mengatakan dalam kunjungannya bahwa tsunami yang menewaskan ratusan orang tersebut belum tentu disebabkan oleh erupsi Gunung Anak Krakatau.

"Kalo tsunami itu seharusnya ada longsoran yang sangat amat besar. Sekali lagi ini kalau aktivitasnya karena gunung ya saya kira enggak sih. Itu bisa potensi salah satunya, tapi mungkin ada faktor lain yang sekarang oleh para ahli sedang dikaji lagi," kata Jonan di Pos Pantau Gunung Anak Krakatau, Jumat (28/12/2018).

Meski demikian, Jonan mengatakan Gunung Anak Krakatau memang menunjukan aktivitas tertingginya pada bulan September 2018.

Bahkan, getaran atau amplitudo yang dihasilkan gunung tersebut menurut Jonan hanya seperempat kekuatan dari amplitudo saat bulan September.

Kesaksian Danu, Bocah Pekerja di Pelelangan Ikan Labuan Usai Diterjang 4 Kali Gelombang Tsunami

Jurnalis Metro TV Rifai Pamone Meninggal Dunia Akibat Sakit Keras, Sosoknya Sempat Viral di Aksi 212

"Makanya saya juga minta koordinasi lipi, BPPT, Badan Geologi ESDM, BMKG, untuk mempelajari kira-kira tsunami yang tempo hari akibat apa saja. Apa longsoroan besar dari tubuh Gunung Anak Krakatau atau hal lain," kata Jonan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan saat menyambangi Pos Pantau Gunung Anak Krakatau di Kabupaten Serang, Jumat (28/12/2018).
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan saat menyambangi Pos Pantau Gunung Anak Krakatau di Kabupaten Serang, Jumat (28/12/2018). (TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA)

Ifan Seventeen masih merasakan duka mendalam usai bencana tsunami di Tanjung Lesung Banten.

Dalam bencana tsunami itu Ifan kehilangan 3 personil Seventeen dan istrinya, Dylan Sahara sekaligus.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved