Tsunami di Banten

Lihat Langsung Tsunami Saat Berada di Laut, Usup: Saya Kira Kabut, Tapi Firasat Saya Buruk

Sedang menjaring ikan di tengah laut, Usup (32) dikejutkan dengan penampakan kabut tinggi yang menerjang daratan.

Lihat Langsung Tsunami Saat Berada di Laut, Usup: Saya Kira Kabut, Tapi Firasat Saya Buruk
TribunJakarta/Dwi Putra Kesuma
Usup (32), nelayan yang meyaksikan langsung ketika gelombang tsunami Selat Sunda menerjang wilayah pesisir pantai Pandeglang, Banten, pada Sabtu (22/12/2018) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, LABUAN - Sedang menjaring ikan di tengah laut, Usup (32) dikejutkan dengan penampakan kabut tinggi yang menerjang daratan.

Padahal, kabut yang dikira Usup adalah gelombang tsunami Selat Sunda yang meluluh lantakkan wilayah Pandeglang, Banten, dan sekitarnya.

Ketika kejadian, Usup bersama kakaknya di tengah laut mendekati Gunung Anak Krakatau.

Sekira pukul 20.00 WIB, ia menyaksikan sendiri Gunung Anak Krakatau memuntahkan lava pijarnya, diiringi dentuman yang terus terjadi berulang kali.

Sekiranya satu jam berselang, barulah ia melihat gelombang tsunami yang awalnya ia kira kabut.

Namun, ia pun memiliki firasat buruk atas kabut tersebut, karena tak biasanya kabut menutupi permukiman warga hingga tak terlihat dan menutupi pemandangan pulau-pulau kecil yang ada di sekitar.

"Itu mah awalnya saya kira kabut, tapi firasat saya mah buruk. Masa iya kabut sampai nutupin pe(r)mukiman warga sama pulau-pulau kecil, biasanya masih keliatan lampu-lampu dari pe(r)mukiman meski tertutup kabut," kata Usup dijumpai TribunJakarta.com di Pelelangan Ikan Labuan, Sabtu (29/12/2018).

Kecurigaannya pun terjawab sudah, ketika ada pesan singkat yang masuk kedalam handphonenya dari rekannya sesama nelayan yang ada di daratan.

"Itu ada sms masuk dari teman, tulisannya Sup buruan ke darat, ada tsunami. Istri sama anak kamu sudah ngungsi rumah hancur," papar Usup.

Halaman
12
Penulis: Dwi putra kesuma
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved