Bea Cukai Bantah Keras Ada Kiriman 7 Kontainer Surat Suara Tercoblos Asal Tiongkok

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai membantah keras kabar yang beredar di media sosial soal adanya kiriman tujuh kontainer surat suara tercobloas

Bea Cukai Bantah Keras Ada Kiriman 7 Kontainer Surat Suara Tercoblos Asal Tiongkok
TribunJakarta/Dionisius Arya Bima Suci
Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea dan Cukai Deni Surjantoro saat ditemui awak media di Kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Kamis (3/1/2018) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, PULO GADUNG - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai membantah keras kabar yang beredar di media sosial soal adanya kiriman tujuh kontainer surat suara tercobloas asal Tiongkok.

Hal ini diungkapkan oleh Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea dan Cukai Deni Surjantoro saat ditemui awak media.

"Atas beredarnya isu yang berkembang dari kemarin siang hingga malam, kami sampaikan bahwa isu tersebut tidak benar," ucapnya di Kantor Bea dan Cukai, Rawamangun, Pulo Gadung Jakarta Timur, Kamis (3/1/2018).

Dikatakan Deni, pihaknya telah melakukan pengecekan menyeluruh, baik terhadap dokumen barang yang masuk, maupun pengecekan lapangan di Kantor Bea Cukai Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Setelah kami lakukan pengecekan terhadap data importasi dan lakukan pengecekan di lapangan, tidak benar ada pemasukan terhadap tujuh kontainer surat suara tersebut," ujarnya.

Koordinasi dengan pihak terkait, seperti kepolisian, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pun sudah dilakukan oleh Bea dan Cukai dalam proses pengecekan tersebut.

"Tentunya kami juga lakukan koordinasi dengan teman-teman dari instansi lain. Kami sudah sampaikan faktanya serta kami teliti secara bersama dan ternyata apa yang dinamakan pemasukan tersebut tidak ada," kata Deni.

"Jadi kami katakan itu tidak benar atau hoaks," tambahnya.

Kubu Jokowi Pertimbangkan Laporkan Andi Arief Soal Hoaks Surat Suara, Arsul Sani Ucap Begini

Tito Karnavian Instruksikan Langsung Kabareskrim Usut Penyebar Hoaks 7 Kontainer Surat Suara

Mendagri Minta Kabareskrim Usut Tuntas Penyebar Hoax 7 Kontainer Surat Suara Tercoblos

Sebelumnya, beredar kabar bahwa ada tujuh unit truk membawa surat suara yang sudah tercoblos.

Dari kabar yang beredar di media sosial, ada rekaman suara dari seseorang yang belum diketahui identitasnya menyampaikan terkait truk tersebut.

Ada akun Facebook bernama Hermansyah yang menyebarkan pesan bertuliskan "Di Tanjung Priok ada 7 kontainer berisi 80 juta surat suara yang sudah dicoblos. Hayu padi merapat. Pasti dari Tiongkok tuh".

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved