Pasca-Tsunami Selat Sunda, Gubernur Banten Minta Warga Direlokasi Jauhi Pantai

Gubernur Banten, Wahidin Halim memimpin rapat koordinasi penanganan tanggap darurat bencana Tsunami Selat Sunda di Banten.

Pasca-Tsunami Selat Sunda, Gubernur Banten Minta Warga Direlokasi Jauhi Pantai
Istimewa/dokumentasi Humas Pemprov Banten.
Gubernur Banten, Wahidin Halim saat memimpin rapat koordinasi penanganan tanggap darurat bencana Tsunami Selat Sunda di Kabupaten Pandeglang, Kamis (3/1/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, PANDEGLANG - Gubernur Banten, Wahidin Halim memimpin rapat koordinasi penanganan tanggap darurat bencana Tsunami Selat Sunda di Banten tentang rencana rehabilitasi dan rekontruksi.

Menurut Wahidin, pemerintah harus melakukan rekontruksi dan rehabilitasi kepada masyakat yang menjadi korban tsunami Selat Sunda.

"Salah satu upaya yang dilakukan adalah relokasi masyarakat ke tempat yang aman," tegas Wahidin saat memimpin rapat di Kabupaten Pandeglang, Kamis (3/1/2019).

Mengingat, gelombang tinggi dan erupsi Gunung Anak Krakatau belum bisa diprediksi kejadiannya, sehingga harus ada relokasi ke tempat aman.

Namun, Gubernur menyarankan relokasi dilakukan tidak jauh dari tempat masyarakat saat ini tinggal.

"Supaya mereka para korban tsunami bisa nyaman tinggal di tempat baru," sambung Wahidin.

Wahidin mengatakan, saat ini, sudah banyak pihak yang menawarkan untuk memberikan bantuan kepada para korban untuk memperbaiki rumahnya.

Namun, Wahidin meminta Pemkab Pandeglang dan aparaturnya memberikan data pasti tentang jumlah rumah yang akan dibangun, lokasi pembanguan dan rencana anggaran biaya (RAB) yang diperlukan.

Sebelumnya, dalam rapat tersebut Bupati Pandeglang, Irna Narulita meminta bantuan Gubernur untuk segera membangun hunian sementara ataupun tetap bagi korban tsunami.

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved