Pemilu 2019

Tito Karnavian Instruksikan Langsung Kabareskrim Usut Penyebar Hoaks 7 Kontainer Surat Suara

"Yang pertama posting, sampai siapa saja yang ikut dalam menyebarkan berita yang ternyata tidak benar," jelasnya.

Tito Karnavian Instruksikan Langsung Kabareskrim Usut Penyebar Hoaks 7 Kontainer Surat Suara
TribunJakarta/Dionisius Arya Bima Suci
Kabareskrim Mabes Polri Polri Irjen Pol Arief Sulistyanto saat ditemui awak media di Direktorat IV Narkotika Mabes Polri, Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (28/8/2018) 

TRIBUNJAKARTA.COM- Kabareskrim Polri Komjen Irjen Pol Arief Sulistyanto mengaku mendapat instruksi langsung dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian, untuk menyelidiki kasus tujuh kontainer surat suara yang tercoblos dari Tiongkok.

Arief Sulistyanto mengatakan, pihaknya juga telah melakukan kegiatan investigasi sesuai perintah Kapolri melalui tim Bareskrim Siber.

"Ya, sejak kemarin atau tadi malam ada informasi tentang masuknya kontainer surat suara dari China yang sudah dicoblos, tim Bareskrim siber sudah melakukan kegiatan investigasi sampai dengan saat ini," ujar Arief Sulistyanto di Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (3/1/2019).

"Dan Bapak Kapolri sudah memberikan instruksi kepada Kabareskrim, kepada saya, untuk betul-betul melakukan penyelidikan terhadap masalah ini," sambungnya.

Arief Sulistyanto yang mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih tampak didampingi oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Tjahjo Kumolo sendiri memang mendatangi Bareskrim untuk mengungkap kasus tersebut.

Arief Sulistyanto mengatakan, Tjahjo Kumolo datang kepadanya dan mendukung untuk melakukan pengungkapan siapa yang melakukan penyebaran berita atau posting pertama, hingga yang turut menyebarkan berita tidak benar itu.

"Yang pertama posting, sampai siapa saja yang ikut dalam menyebarkan berita yang ternyata tidak benar," jelasnya.

Menurutnya, hal tersebut harus diperangi bersama agar proses Pemilu 2019 mendatang dapat terjaga kondisi dan kualitasnya.

Hoaks 7 Kontainer Surat Suara dari China, Mendagri: Fitnah yang Mengumbar Permusuhan

Tanggapi Hoaks 7 Kontainer Surat Suara, Mahfud MD: Mungkin Itu Trik Politik dan Gerakan Mengacau

Jenderal bintang tiga itu menegaskan, Polri siap bekerja sama dengan KPU dan Bawaslu untuk menegakkan hukum serta mengatasi masalah yang mengganggu kelancaran pemilu nantinya.

"Seperti yang disampaikan Pak Mendagri bahwa proses pemilu yang akan berlangsung ini harus terjaga kondisi kualitasnya," kata dia.

"Polri sudah siap melakukan penegakan hukum yang sedang dilakukan saat ini dan kami bekerja sama dengan KPU, dengan Bawaslu, mengatasi semua masalah-masalah yang mungkin akan mengganggu kelancaran pemilu nanti," papar Arief Sulistyanto. (Vincentius Jyestha)

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Bareskrim Buru Pemosting Pertama dan Penyebar Berita Hoaks Surat Suara Tujuh Kontainer Tercoblos

Editor: Erik Sinaga
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved