Catatan Anies Baswedan Usai Salat Jumat di Lombok: Guncangan Tanah Tak Bisa Mengguncang Iman

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjalankan ibadah Salat Jumat di Masjid Nurul Hidayah, Kabupaten Lombok Utara, Jumat (4/1/2019).

Catatan Anies Baswedan Usai Salat Jumat di Lombok: Guncangan Tanah Tak Bisa Mengguncang Iman
Facebook Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjalankan ibadah Salat Jumat di Masjid Nurul Hidayah Lombok 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjalankan ibadah Salat Jumat di Masjid Nurul Hidayah, Kabupaten Lombok Utara, Jumat (4/1/2019).

"Inilah tanah yang guncangannya menghasilkan gempa dahsyat. Inilah tanah yang menjadi kuburan bagi lebih dari 560 orang di Kab Lombok Utara. Guncangannya seakan jadi penggali kubur," tulis Anies Baswedan melalui akun Facebook.

Anies bercerita dirinya menuaikan ibadah Salat Jumat di bawah atap masjid tanpa dinding.

Semilir angin laut dari Selat Lombok, kata Anies, menembus di antara badan-badan jamaah Salat Jumat.

"Suara ombak dari laut sayup-sayup, juga desiran angin yang menggoyang dahan dan pepohonan," kata Anies.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjalankan ibadah Salat Jumat di Masjid Nurul Hidayah Lombok
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjalankan ibadah Salat Jumat di Masjid Nurul Hidayah Lombok (Facebook Anies Baswedan)

Anies mengungkapkan ratusan jamaah ini wajahnya teduh, seteduh suasana siang ini.

"Yang Maha Mengatur telah membuat langit berawan mendung tapi angin mengalir kencang, suasana siang ini jadi sejuk. Segalanya terasa khusyuk dan syahdu," tambahnya.
⁣⁣
Beberapa bulan lalu, Anies menceritakan tanah tempat mereka bersujud, bercocok tanah, dan berkarya diguncang.

Ribuan kali gempa telah mereka rasakan dalam 5 bulan terakhir. Rumah, Masjid, Musala, Sekolah, dan sebagainya luluh lantak, rata dengan bumi.⁣
⁣⁣
Guncangan tanah memang bisa merontokkan bangunan, lanjut Anies, tapi takkan bisa mengguncang iman, semangat dan ketangguhan masyarakat.
⁣⁣
"Sejak pagi tadi, tak ada bersitan nuansa gelisah, keluhan apalagi duka. Yang terlihat adalah ungkapan penuh keikhlasan dan optimisme," katanya.

"Walau sesungguhnya mereka sedang menghadapi masalah amat besar: Membangun kembali dari Nol. Ini bukan pekerjaan kecil," lanjut Anies.

Anies menuturkan dirinya mengantarkan amanah Pemprov DKI Jakarta dan warga ibu kota untuk membantu pembangunan kembali masyarakat di Lombok.

Anies pun disambut penuh kehangatan dan persaudaraan menyelimuti suasana silaturahmi.⁣⁣
⁣⁣
"Masalah, derita dan semua komplikasinya ada di sini tapi semua terlihat hadir dengan senyum, semangat dan optimisme," katanya.

"Dari mulai gubernur, bupati, guru, murid, hingga warga kebanyakan. Termasuk saat Khotbah dan Salat Jumat, tiada pesan pilu, tiada doa penuh keluh kesah," tambahnya.

"Seakan mereka mengirimkan pesan pada semua: ⁣⁣ Kami tak mengadu pada Allah bahwa kami punya masalah, tapi kami katakan pada masalah bahwa kami punya Allah."⁣⁣

Anies Baswedan Ingin Taman Tebet Jadi Percontohan di Ibukota

Anies Baswedan Sebut Fit And Proper Test Wagub DKI Jakarta Berlangsung Pekan Ini

 

⁣⁣"Semoga kekuatan-Nya dialirkan pada mereka, pada kami dan pada semua. Semoga hikmah dari peristiwa ini segera keluar dari persembunyiannya," tulis Anies.

Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved