Breaking News:

BMKG Pasang Alat Ukur Ketinggian Air di Pulau Terdekat Gunung Anak Krakatau

Masyarakat sempat heboh terkait informasi bencana tsunami yang terjadi akibat erupsi anak gunung Krakatau pada Sabtu (22/12/2018) lal

Editor: Ilusi Insiroh
twitter/TribunMedan
Letusan Gunung Anak Krakatau yang diabadikan pilot Susi Air, Minggu (23/12/2018) 

Laporan Wartawan Grid.Id, Angriawan Cahyo Pawenang

TRIBUNJAKARTA.COM - Masyarakat sempat heboh terkait informasi bencana tsunami yang terjadi akibat erupsi anak gunung Krakatau pada Sabtu (22/12/2018) lalu.

Dikutip Grid.ID dari Kompas.com, (24/12/2018), BMKG pada saat itu sempat mengatakan bencana yang terjadi wilayah barat Jawa dan selatan Sumatera tersebut bukan merupakan tsunami.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, mengatakan informasi yang mereka berikan sudah tepat.

"Jadi cara BMKG memberikan informasi itu yang penting cepat agar masyarakat tidak panik," ungkapnya saat konferensi pers di kantor BMKG, Senin (24/12/2018) lalu.

"Peringatan dini itu kan tentang gelombang tinggi. Sehingga yang di sosial media diberitakan gelombang tinggi," tambahnya

Dwikorita juga menambahkan kalau sesaat setelah itu, pihak BMKG meralat informasi baru dan menyatakan bahwa terjadi erupsi.

Tim BMKG memasang alat ukur ketinggian air di dekat gunung anak Krakatau
BMKG
Tim BMKG memasang alat ukur ketinggian air di dekat gunung anak Krakatau

Setelah kejadian tersebut, kini BMKG memasang alat ukur ketinggian air di pulau Sebesi untuk menentukan peringatan dini bila terjadi gelombang tsunami.

Dibantu oleh TNI AL, BMKG telah memasang alat pengukur ketinggian air di pulau yang dekat dengan gunung anak Krakatau pada Senin (24/12/2018).

Lebih tepatnya, alat tersebut telah dipasang di PLTU Labuhan, Banten.

Widada Sulistya selaku Deputi Bidang Instrumentasi, Kalibrasi, Rekayasa, dan Jaringan Komunikasi menyebutkan alat tersebut digunakan untuk memantau ketinggian air sekaligus sebagai data dalam menentukan peringatan dini terjadinya gelombang tsunami di selat Sunda.

Ia juga menyatakan nantinya alat tersebut akan terhubung langsung ke server BMKG dan update setiap satu menit sekali untuk mengetahui ketinggian air di wilayah tersebut.

Widada berharap agar alatnya nanti dapat bermanfaat dan memberikan berdampak di Tanjung Balai Karimun, tempat bersandarnya kapal-kapal cepat dari Batam.

Richard Kyle-Jessica Iskandar Diramal Menikah, Billy Syahputra Justru Ungkap Kasihan

Terawang Kisah Asmara Hilda Vitria, Wirang Birawa: Billy Syahputra Akan Menjadi Kriss Hatta Kedua

Ruben Onsu Pamer Kebersamaan dengan Orang Tercinta, Dewi Perssik Ungkap Permintaannya

Muzdalifah Enggan Ungkap Alasan Jatuh Hati ke Kekasih, Fadel: Makanya Jangan Bawa-bawa Saya Lagi

Laudya Cynthia Bella Puji Rumah Tangga Irwansyah, Zaskia Sungkar: Yah Dia Bikin Mewek

Artikel ini telah tayang di Grid dengan judul : Sempat Dinilai Kurang Profesional dalam Berikan Informasi, BMKG Pasang Alat Ukur Ketinggian Air di Pulau Terdekat Anak Krakatau

Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved