Lift Belum Beroperasi, JPO Jelambar Barat Tak Bisa Digunakan Penyandang Disabilitas

Lift bagi para penyandang disabilitas, wanita hamil, lanjut usia dan ibu membawa anak untuk menyebrang melalui JPO Jelambar Barat belum beroperasi.

Lift Belum Beroperasi, JPO Jelambar Barat Tak Bisa Digunakan Penyandang Disabilitas
TribunJakarta.com/Novian Ardiansyah
JPO Jelambar Barat 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Novian Ardiansyah

TRIBUNJAKARTA.COM, GROGOL PETAMBURAN - Para penyandang disabilitas tampaknya harus bersabar jika ingin menyeberang jalan melalui jembatan penyebrangan orang (JPO) Jelambar Barat di Jalan Pangeran Tubagus Angke, Jakarta Barat.

Pasalnya, keberadaan lift untuk memfasilitasi para penyandang disabilitas, wanita hamil, lanjut usia dan ibu membawa anak untuk menyebrang melalui JPO Jelambar Barat belum juga beroperasi.

Pantauan TribunJakarta.com, pintu untuk masuk menuju lift masih dalam keadaan terkunci, baik yang berada di bawah maupun yang berada di atas.

Di dalam area lift sendiri juga masih terlihat berantakan bekas pengerjaan lift. Tampak masih terdapat tali, bangku, dan peralatan lainnya yang berada di area lift tersebut.

JPO Jelambar Barat
JPO Jelambar Barat (TribunJakarta.com/Novian Ardiansyah)

Terlihat juga beberapa steger yang masih berada di area JPO Jelambar Barat. Satu berada di bangunan lift dan satu lagi berada di JPO.

Alhasil, para penyandang disabilitas khususnya atau pengguna kursi roda belum dapat melintasi JPO Jelambar Barat untuk menyebrang jalan.

Hal itu lantaran, satu sisi JPO yang terdapat lift hanya menggunakan anak tangga untuk naik dan turun dari JPO.

Meski di satu sisi lainnya menggunakan kontur jalan yang rata bukan anak tangga. Namun tetap saja tidak bisa dilintasi oleh penyandang disabilitas. Mualif (45) warga sekitar pun menyayangkan hal tersebut.

Menurutnya, JPO Jelambar Barat yang kondisinya sudah bagus sangat sayang sekali jika belum bisa digubakan secara maksimal, terlebih untuk penyandang disabilitas.

"Sayang saja ya karena ini sudah bagus begini tapi liftnya belum beroperasi. Jadinya mereka yang pakai kursi roda atau penyandang disabikitas belum bisa menggunakan," kata Mualif di JPO Jelambar Barat, Senin (7/1/2019).

Mualif sendiri yang sering bolak-balik menyebrang Jalan Pangeran Tubagus Angke sangat menyambut baik berdirinya JPO Jelambar Barat.

"Jadi memudahkan menyebarang iya, jadi enggak was-was kalau nyebrang di jemabtan dibanding nyebrang di jalannya," ujar Mualif.

Anies Baswedan Berharap Revitalisasi 3 JPO Segera Rampung

VIDEO Melihat Desain Berbeda di JPO Jelambar Barat yang Segera Diresmikan Gubernur Anies

Ia pun berharap, fasilitas lift di JPO Jelambar Barat dapat dibuka dan dioperasikan secepatnya agar penggunaannya dapat dimaksimalkan.

"Kalau bisa secepatnya dibuka. Karena kasian kalau ibu hamil harus naik tangga atau penyandang disabiltas yang mau nyebrang belum bisa karena liftnya belum dibuka. Terus juga kursi rodanya kan gak bisa melalui anak tangga," tuturnya.

Penulis: Novian Ardiansyah
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved