Kota Penyangga Jakarta, Depok Rawan Penularan HIV/AIDS dan Peredaran Narkotika

Kota Depok sebagai penyangga Jakarta dan wilayah perbatasan berpotensi tertular penyakit HIV/AIDS dan sasaran penyalahgunaan narkotika.

Kota Penyangga Jakarta, Depok Rawan Penularan HIV/AIDS dan Peredaran Narkotika
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Kemacetan di Jalan Margonda, Kota Depok 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN MAS - Kota Depok sebagai penyangga Jakarta dan wilayah perbatasan berpotensi tertular penyakit HIV/AIDS dan sasaran penyalahgunaan narkotika.

Keberadaan kosan, apartemen, dan hotel yang kian menjamur seperti di Beji, Pancoran Mas, dan Cinere pun turut membawa masalah lebih kompleks.

Hal ini disampaikan Dandim 0508 Depok Letkol Inf Eko Syah Putra Siregar saat penyuluhan kepada jajarannya terkait bahaya LGBT, HIV/AIDS, dan narkotika di aula Makodim 0508 Depok.

"Depok penyangga ibu kota dan merupakan wilayah perbatasan. Di Kecamatan Beji, Pancoran Mas, dan Cinere itu banyak kosan, apartemen, dan hotel. Tempat singgah ini sering disalahgunakan untuk aktivitas seksual dan penyalahgunaan narkotika," kata Siregar di Makodim 0508 Depok, Senin (7/1/2019).

Menurut dia orang yang terlibat penyelewengan seksual dan narkotika kerap memilih satu tempat di luar tempat tinggalnya agar tak dikenali.

Wilayah perbatasan jadi tempat menyalurkan hasrat sesaat yang akhirnya membuat seseorang jadi pengidap AIDS yang merupakan dampak HIV.

"Ada yang orang luar tapi memilih janjian bertemu di Depok saat mau bertemu 'pasangan' atau transaksi narkotika. Memang tempat seperti kosan, apartemen, dan hotel jadi incaran mereka," ujarnya.

Meski menyebut kerap disalahgunakan, Iskandar tak menyalahkan pengelola kosan, apartemen, dan hotel yang sepenuhnya dapat mengawasi pengguna jasa mereka.

Dia mengakui pengelola kesulitan bila setiap harus menyisir atau hanya sekedar memantau seluruh aktivitas pengguna jasa mereka untuk memastikan tak ada aktivitas seks atau narkotika.

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved