Breaking News:

Skybridge Bakal Dibangun Hubungkan Stasiun LRT Velodrome dengan Halte TransJakarta

PT LRT Jakarta tengah membangun skybridge di stasiun LRT Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur.

TRIBUNJAKARTA.COM/NAWIR ARSYAD AKBAR
Proyek pembangunan Stasiun LRT Velodrome di, Pulogadung, Jakarta Timur, Sabtu (27/10/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, KELAPA GADING - PT LRT Jakarta tengah membangun skybridge di stasiun LRT Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur.

Pembangunan dilakukan untuk menerapkan integrasi antar moda, terutama antara light rail transit (LRT) dan bus TransJakarta,

Dirut Proyek PT LRT Jakpro, Iwan Takwin menjelaskan skybridge yang sedang dibangun nantinya akan mengintegrasikan penumpang dari stasiun Velodrome ke halte busway Pemuda.

Nantinya, dengan sistem satu kartu yang juga tengah dipersiapkan, penumpang hanya tinggal melakukan tap di stasiun LRT maupun di halte busway.

"Keluar stasiun pindah ke halte enggak beli tiket baru. Jadi langsung mereka pindah dari moda LRT ke busway atau sebaliknya. Jadi penumpang-penumpang dari Kelapa Gading ini bisa sampai ke Dukuh Atas ke Sudirman begitu juga ke Bekasi," jelas Iwan di Depo LRT Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (10/1/2019).

Pembangunan skybridge di stasiun Velodrome Rawamangun sudah masuk progres pengecekan utilitas.

Nantinya, kata Iwan, bakal ada sedikit renovasi di stasiun itu untuk menyesuaikan dengan kondisi jarak antara stasiun ke halte busway Pemuda.

"Dia akan sedikit merenovasi stasiunnya karena akan menerima limpahan penumpang kan dari LRT ke TJ itu jd akan diperpanjang sedikit," kata Iwan.

Dirut PT LRT Jakarta, Allan Tandiono menuturkan ada kemajuan yang ingin dicapai dengan adanya upaya integrasi antar moda transportasi ini.

Kemajuan itu berupa waktu tempuh yang bisa lebih cepat meski jarak tempuh cukup jauh. Allan memaparkan, integrasi antara LRT Fase I dengan TransJakarta diimpikan dapat mempercepat waktu tempuh, terutama dari Kelapa Gading menuju Sudirman, di bawah satu jam.

"Jadi dari sini (Kelapa Gading) 13 menit naik kereta LRT, sampai ke Velodrome. Kita nyebrang dengan jembatan skybridge, kita jalan 5 menit. Kita tunggu bus 5 menit juga. Terus mereka kan busway dari Rawamangun Velodrome menuju Sudirman 35 menit," papar Allan.

Belajar Karakteristik Penumpang, 20 Pekerja LRT Jakarta Magang di TransJakarta

Pengerjaan Proyek LRT Fase I Sudah 97 Persen

Adapun menurut Allan, desain skybridge yang bakal dibangun akan tampak terbuka.

Desain seperti itu untuk menyesuaikan desain stasiun LRT yang telah ada.

"Karena stasiun kita juga terbuka, dan desain kita sinkronkan dengan desain stasiun LRT dan tidak terlalu jauh dengan halte busway," tandasnya.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved