Sudinpusar Jakarta Timur Bakal Gelar Berbagai Kegiatan di Perpustakaan dan Taman Bacaan

Eka Nuretika Putra mengatakan bahwa, perpustakaan dan taman bacaan nantinya dapat digunakan sebagai sarana bimbingan belajar

Sudinpusar Jakarta Timur Bakal Gelar Berbagai Kegiatan di Perpustakaan dan Taman Bacaan
TribunJakarta/Novian Ardiansyah
Perpustakaan keliling 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nawir Arsyad Akbar

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudinpusar) Jakarta Timur, berencana untuk meningkatkan fungsi dari perpustakaan dan taman bacaan yang berada di wilayahnya.

Kepala Sudinpusar Jakarta Timur Eka Nuretika Putra mengatakan bahwa, perpustakaan dan taman bacaan nantinya dapat digunakan sebagai sarana bimbingan belajar atau pelatihan keterampilan. Tak hanya sekedar tempat membaca buku.

"Bisa menjadi tempat pelatihan atau bimbingan belajar untuk anak usia sekolah. Ini sebagai strategi baru dalam meningkatkan daya minat baca masyarakat di perpustakaan atau taman bacaan," ujar Eka, Jumat (11/1/2019).

Selain itu, Eka menjelaskan bahwa pihaknya akan segera menyusun anggaran, guna menjadikan perpustakaan dan taman bacaan di Jakarta Timur sebagai sarana kegiatan lain yang bermanfaat.

Karena menurutnya, masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak saat ini sedikit yang suka mengunjungi perpustakaan atau taman bacaan.

Maka dari itu pihaknya merencanakan hal tersebut, untuk menarik minat masyakat dan anak-anak untuk ke perpustakaan.

Desainer Jeny Tjahyawati Paparkan Prediksi Busana Modest yang Akan Jadi Tren di Tahun 2019

Buzzer Hoaks 7 Kontainer Surat Suara Tercoblos Ditangkap di Banten

"Diharapkan dari buku bacaan, mereka bisa mengkaji lebih dalam ilmu yang tertulis agar dapat diimplementasikan secara langsung," lanjutnya.

Perlu diketahui, saat ini di Jakarta Timur telah ada pojok baca di 59 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan 15 taman bacaan juga yang terdaftar di kantor sudin.

Selain itu, terdapat sejumlah pojok baca di sejumlah kantor kelurahan, kecamatan, Puskesmas, masjid dan beberapa tempat publik lainnya.

Sudinpusar Jakarta Timur juga menyediakan perpustakaan keliling, yang setiap harinya mengunjungi sejumlah lokasi di Jakarta Timur untuk meningkatkan minat membaca anak-anak.

Penulis: Nawir Arsyad Akbar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved