Partai Hanura Jadi Parpol yang Terendah Kepatuhannya dalam Laporkan Data LHKPN

Dari 10 partai yang terdata, Hanura jadi partai yang paling rendah kadernya untuk melaporkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN)

Partai Hanura Jadi Parpol yang Terendah Kepatuhannya dalam Laporkan Data LHKPN
Tribunnews.com/Aqodir
Gedung KPK 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan tingkat kepatuhan legislatif tingkat pusat per fraksi.

Dari 10 partai yang terdata, Hanura jadi partai yang paling rendah kadernya untuk melaporkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Sedangkan, PPP jadi yang terpatuh.

Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan mengungkap, tingkat kepatuhan LHKPN 2018 di DPR hanya sebesar 21,42 persen dari total 536 wajib lapor.

Ia memandang, temuan ini mengejutkan. Sebab, saat pelaporan LHKPN dilakukan secara manual, tingkat kepatuhan di DPR cukup tinggi.

Namun, saat pelaporan sudah elektronik, tingkat kepatuhan menjadi rendah.

"Kita juga buka klinik LHKPN juga khusus di DPR, ternyata penyampaian elektroniknya hanya 21 persen. Ini dugaan kita apakah karena sudah mau selesai (jadi tidak lapor), kan selesai. Atau kedua, mereka masukin pas nyaleg, jangan-jangan mereka nunggu nanti aja kalau nyaleg lewat KPU, mungkin," ujar Pahala di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (14/1/2019).

Berikut rincian 10 Partai dengan tingkat kepatuhan LHKPN terendah hingga tertinggi:

1. Fraksi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)

Halaman
123
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved