Batal Curi Rokok, Seorang Remaja di Depok Gasak Sepeda Motor Pemilik Warung

RAP (17) harus berurusan dengan polisi karena mencuri sepeda motor Yamaha Jupiter MX B 6104 KZQ di Perumahan Wisma Mas, Cinangka, Sawangan

Batal Curi Rokok, Seorang Remaja di Depok Gasak Sepeda Motor Pemilik Warung
Tribunnews
Ilustrasi Curanmor. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, SAWANGAN- RAP (17) harus berurusan dengan polisi karena mencuri sepeda motor Yamaha Jupiter MX B 6104 KZQ di Perumahan Wisma Mas Blok 3/9 RT 03/10 Kelurahan Cinangka, Sawangan, Depok, pada Kamis (17/1/2019) dini hari.

Kapolsek Sawangan Kompol Suprasetyo mengatakan RAP awalnya hanya berniat mencuri rokok di warung kelontong milik Budiyati Anggoro Ningsi dengan cara mencongkel jendela menggunakan golok.

Niat jahat remaja itu bertambah kala melihat kunci sepeda motor Budiyati tergeletak di ruang tamu rumah dan sepeda motor korban warna hijau yang terparkir garasi.

"Awalnya RAP ini hanya mau mencuri rokok di warung kelontong milik korban. Dia masuk dengan cara mencongkel jendela menggunakan golok. Pas lihat ada kunci motor di ruang tamu langsung diambil, pelaku engkau jadi mengambil rokok," kata Suprasetyo saat dihubungi wartawan di Sawangan, Depok, Kamis (17/1/2019).

RAP berhasil diringkus Tim Buser Polsek Sawangan yang dipimpin Kanit Reskrim Polsek Sawangan Iptu Rodiman setelah ada satu warga yang melihat remaja itu mengemudikan sepeda motor hasil curiannya.

Pasalnya RAP merupakan warga Kelurahan Cinangka seperti Budiyati sehingga wajahnya dengan mudah dikenali oleh warga yang bermukim di RW 10 Kelurahan Cinangka.

"Ada saksi yang melihat pelaku mengemudikan sepeda motor korban. Kebetulan pelaku tinggal tak jauh dari rumah korban, jadi dia dikenali oleh warga. Pelaku diamankan oleh anggota Tim Buser," ujarnya.

Saat dicokok, RAP tak berkutik dan mengaku mencuri sepeda motor Budiyati, kepada Rodiman, dia mengaku barang curiannya itu disembunyikan di kebon kosong dekat kediamannya.

Budiyati, lanjut Suprasetyo baru mengetahui jadi korban pencurian dengan pemeberatan saat bangun sekira pukul 05.00 WIB dan langsung melapor ke RT setempat dan Mapolsek Sawangan.

"Dia mengaku kalau mencuri sepeda motor korban. Sepeda motor disembunyikan di kebon kosong dekat rumahnya. Pelaku berhasil diamankan kurang dari 24 jam setelah korban melapor, dia tahu motornya hilang sekitar jam 5 pagi," tuturnya.

Demi Beli Miras, 4 Pria Pengangguran Bobol Rumah Warga di Tangerang Curi Peralatan Dapur

Jual Motor Curiannya Seharga Rp2 Juta, Polisi Buru Penadah Asal Sukabumi

Pengemudi Mobilio Curi Kotak Amal Masjid di Bekasi, Aksinya Terekam CCTV dan Ini Ciri-cirinya

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, RAP diganjar pasal 363 tentang pencurian dengan pemeberatan dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.

Lantaran RAP masih berstatus anak, penyidik Unit Reskrim Polsek Sawangan berkoordinasi dengan Balai Pemasyarakatan Bogor untuk menahan pelaku hingga berkas dinyatakan lengkap oleh Kejari Depok.

"Pelaku dikenakan pasal 363 KUHP tentang Pencurian dan Pemberatan, ancaman hukumannya di atas lima tahun penjara. Karena statusnya masih anak jadi enggak ditahan di Polsek," lanjut Suprasetyo. 

Penulis: Bima Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved