Pilpres 2019

Debat Pertama Pilpres 2019, Pengamat Politik Soroti Manajemen Komunikasi Privasi Antar Kedua Paslon

Pengamat Politik Gun Gun Heryanto menyoroti beberapa hal terkait debat pertama pilpres 2019, berikut penjelasannya.

Debat Pertama Pilpres 2019, Pengamat Politik Soroti Manajemen Komunikasi Privasi Antar Kedua Paslon
Kompas.com/Garry Lotulung
Dua pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 dan 2 Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga saat hadir dalam debat pertama Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Pengamat Politik Gun Gun Heryanto mengungkapkan pandangannya terkait penyelenggaran debat pertama pilpres 2019 yang telah berlangsung pada Kamis malam (17/1/2019).

Dia menyatakan terdapat beberapa catatannya mengenai debat pertama pilpres 2019 tersebut.

"Yang pertama mengenai manajemen forum yang terhubung dengan timing dan berbagi peran karena dalam konteks komunikasi politik, debat itu komunikasi persuasif dan kesan manajemen tersebut penting diperhatikan paslon," bebernya.

Pengamat politik itu menegaskan, bukan hanya isi pesan yang harus diperhatikan tetapi juga bagaimana paslon berbagi peran.

Gun Gun Heryanto pun menjelaskan beberapa minus yang ada di kedua kubu paslon tersebut.

Di kubu Jokowi, kata pengamat politik, peran KH Maruf Amin kurang optimal saat melakukan debat pertama pilpres 2019.

"Saya lihat tadi malam, masing-masing pasangan ada minusnya."

"Contoh di pasangan Jokowi, peran kurang optimal berada di KH Maruf Amin. Terutama dalam konteks mengartikulasikan pertanyaan dan jawaban untuk melengkapi posisi Jokowi."

Rahasia Ira Koesno, Moderator Debat Pilpres 2019 yang Tetap Awet Muda Meski Sudah Berusia 49 Tahun

Peringati Hari Braille Internasional, Kantor Imigrasi Jakbar Buka Layanan Bagi Penyandang Tuna Netra

Pesona Ira Koesno Pandu Debat Perdana Pilpres 2019, Pernah Ungkap Lelaki Idamannya

Sementara itu, di kubu Prabowo Subianto, pengamat politik itu menilai terdapat artikurasi yang kurang terorganisasi secara baik.

"Sementara di pihak Prabowo Subianto, saya melihat banyak sekali artikulasi yang kurang terorganisasi dengan baik oleh Pak Prabowo."

"Contohnya Pak Prabowo beberapa kali ajukan pertanyaan padahal belum waktunya dan kadang overtime saat menjelaskan pernyataan," tegas pengamat politik.

Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 1, Joko Widodo dan Maruf Amin, menyampaikan visi misi di debat pertama Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). Debat tersebut mengangkat tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.
Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 1, Joko Widodo dan Maruf Amin, menyampaikan visi misi di debat pertama Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). Debat tersebut mengangkat tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme. (Kompas.com/Garry Lotulung)
Halaman
123
Penulis: Kurniawati Hasjanah
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved