Pilpres 2019

Kritik Ucapan Prabowo di Debat Pilpres, Ruhut Klaim Kertas yang Selalu Dilihat Jokowi Bukan Contekan

Melalui cuitannya, Ruhut Sitompul menjelaskan bahwa ada alasan tersendiri mengapa Jokowi kerap melihat catatan yang ia bawa.

Kritik Ucapan Prabowo di Debat Pilpres, Ruhut Klaim Kertas yang Selalu Dilihat Jokowi Bukan Contekan
Kompas.com/Garry Lotulung
Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 1, Joko Widodo dan Maruf Amin, menyampaikan visi misi di debat pertama Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). Debat tersebut mengangkat tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Debat Pilpres 2019 yang berlangsung semalam, Kamis (17/1/2019) menyisakan kesan, terutama untuk Ruhut Sitompul.

Selaku pendukung paslon nomor urut 01, Ruhut Sitompul pun mengomentari pernyataan yang diungkap sang rival, Prabowo-Sandi.

Melalui laman Twitternya, Ruhut Sitompul tampak menyindir ucapan Prabowo Subianto soal Jawa Tengah lebih luas dari Malaysia.

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyinggung kesejahteraan gubernur di Indonesia yang tidak sebanding dengan luas wilayah yang ditanganinya.

Dalam pernyataannya tersebut, Prabowo Subianto juga menyebutkan bahwa luas wilayah Jawa Tengah lebih besar daripada Malaysia.

Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno saat mengikuti acara Debat Pertama Capres dan Cawapres di Gedung Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019). Debat Pertama ini mengangkat isu Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme.
Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno saat mengikuti acara Debat Pertama Capres dan Cawapres di Gedung Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019). Debat Pertama ini mengangkat isu Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme. (Tribunnews/Jeprima)

Padahal, gaji yang didapat terbilang kecil.

"Sebagai contoh, bagaimana bisa seorang gubernur gajinya hanya Rp 8 juta? Kemudian dia mengelola provinsi umpamanya Jawa Tengah yang lebih besar dari Malaysia dengan APBD yang begitu besar," kata Prabowo dalam debat Pilpres 2019 perdana, Kamis (17/1/2019) malam di Gedung Bidakara, Jakarta.

Benarkah pernyataan Prabowo Subianto tersebut?

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), luas wilayah Jawa Tengah pada tahun 2017 adalah 32.544, 12 km persegi.

Sementara, dilansir dari Britanica, Malaysia terdiri dari dua wilayah, yaitu Semenanjung Malaysia atau Malaysia Barat dan Malaysia Timur, yang berada di Pulau Kalimantan.

Halaman
1234
Penulis: Khairunnisa
Editor: Rr Dewi Kartika H
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved