Tingkatkan Minat Membaca Anak, Sudinpusar Jakarta Timur Gelar Kegiatan Mendongeng dan Tanam Pohon

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 60 murid dari PAUD Melati 1 dan 2 Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung mengikuti acara mendongeng.

ISTIMEWA
Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Timur menggelar kegiatan mendongeng dan menanam pohon, di Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Jumat (18/1/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nawir Arsyad Akbar

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Minat membaca masyarakat, khususnya untuk anak-anak Indonesia dapat dikatakan tergolong rendah dibandingkan negara-negara lain.

Demi meningkatkan minat membaca buku bagi anak-anak, Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Timur menggelar kegiatan mendongeng dan menanam pohon di Kantor Wali Kota Jakarta Timur.

Kasudin Perpustakan dan Kearsipan Jakarta Timur Eka Nuretika Putra mengatakan, kegiatan mendongeng digabungkan dengan menanam pohon agar anak-anak gemar membaca, sekaligus mencintai lingkungannya.

"Kami sengaja ambil konsep literasi hijau dalam rangka mendorong anak usia dini dalam budaya gemar membaca dan mencintai penghijauan. Kita juga perkenalkan mereka cara bercocok tanam, bercerita atau mendongeng," ujar Eka, Jumat (18/1/2019).

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 60 murid dari PAUD Melati 1 dan 2 Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung mengikuti acara mendongeng dan menanam pohon.

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Anda Jika Konsumsi Satu Timun

Mereka diberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga lingkungan, dengan cara menanam pohon dan merawatnya.

Selain itu dengan metode cerita boneka anak-anak antusias mendenggarkan tentang literasi hijau.

“Kegiatan mendongeng di Ruang Terbuka Hijau merupakan salah satu bentuk perhatian dan dukungan pemerintah dalam upaya meningkatkan literasi dan minat baca bagi masyarakat," ujar Sekeretaris Kota Jakarta Timur Usmayadi.

"Terutama kepada anak dalam mengenalkan kesadaran terhadap lingkungan dengan cara menanam pohon, menjaga kelestarian alam dan menikmati alam bebas," tambahnya.

Penulis: Nawir Arsyad Akbar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved