Antisipasi Banjir, Petugas Angkut Sampah Pohon di Kali Bendungan Polor

"Karena aliran kali ini berbatasan dengan wilayah Tangerang maka kita bekerjasama dengan petugas DPU Kota Tangerang," kata Lutfi.

Penulis: Elga Hikari Putra | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/ELGA HIKARI PUTRA
Petugas UPK Badan Air? Jakarta bersama petugas DPU Kota Tangerang ?kerja bakti di Kali Bendungan Polor, Kembangan, Jakarta Barat. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KEMBANGAN - Mengantisipasi luapan sampah di musim hujan, petugas UPK Badan Air DKI Jakarta bersama petugas Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang kerja bakti di Kali Bendungan Polor, Kembangan, Jakarta Barat.

Mereka mengangkuti sampah-sampah yang tersangkut di bawah jembatan Kali Bendungan Polor.

"Karena aliran kali ini berbatasan dengan wilayah Tangerang maka kita bekerjasama dengan petugas DPU Kota Tangerang," kata Lutfi, petugas UPK Badan Air Jakarta kepada TribunJakarta.com, Selasa (22/1/2019).

Selama kerja bakti di kali tersebut, sampah yang terangkut mencapai satu mobil pick up atau setara empat meter kubik sampah.

Petugas UPK Badan Air? Jakarta bersama petugas DPU Kota Tangerang ?kerja bakti di Kali Bendungan Polor, Kembangan, Jakarta Barat.
Petugas UPK Badan Air? Jakarta bersama petugas DPU Kota Tangerang ?kerja bakti di Kali Bendungan Polor, Kembangan, Jakarta Barat. (TRIBUNJAKARTA.COM/ELGA HIKARI PUTRA)

Sampah tersebut kemudian dibawa ke TPS sementara di implasement Cengkareng Drain.

Adapun sampah-sampah yang banyak terangkut yakni sampah kayu dan batang pohon yang hanyut di kali.

"Rata-rata sampah yang kita angkut itu justru batang pohon yang bikin mampet aliran kali karena ukurannya yang besar. Pohon-pohon itu tersangkut di jembatan karena saat ini kondisi air sedang tinggi," kata Lutfi.

Warga setempat berharap agar kerja bakti tersebut rutin dilakukan, utamanya saat musim hujan seperti saat ini untuk mencegah terjadinya banjir.

"Kalau perlu rutin tiap hari agar sama sekali enggak ada sampah yang ada di kali biar enggak banjir," kata Endri, warga setempat.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved