Penumpangnya Tersiram Air Panas, Garuda Indonesia Divonis Bayar Ganti Rugi Rp 200 Juta

"Selain itu Garuda juga dihukum untuk membayarkan ganti rugi immateriil kepada Penggugat sebesar Rp 200 Juta," lanjut dia.

Penumpangnya Tersiram Air Panas, Garuda Indonesia Divonis Bayar Ganti Rugi Rp 200 Juta
TribunJakarta/Satrio Sarwo Trengginas
Suasana konferensi pers Koosmariam 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Leo Permana

TRIBUNJAKARTA.COM, KEMAYORAN - Gugatan seorang penumpang Maskapai Garuda Indonesia, Koosmariam Djatikusumo yang dadanya tersiram air panas di pesawat maskapai tersebut telah diputus oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (22/1/2019).

Sidang yang dipimpin oleh Marulak Purba, selaku ketua majelis itu menyatakan Garuda Indonesia melakukan perbuatan melawan hukum dan juga dihukum untuk membayarkan ganti rugi sebesar Rp 200 Juta.

"Majelis Hakim dalam amar putusannya menyatakan Garuda melakukan perbuatan melawan hukum," kata Kuasa Hukum Penggugat, David Tobing dalam keterangan resminya, Selasa (22/1/2019).

"Selain itu Garuda juga dihukum untuk membayarkan ganti rugi immateriil kepada Penggugat sebesar Rp 200 Juta," lanjut dia.

David mengapresiasi putusan majelis hakim, yang dalam pertimbangannya menyatakan bahwa tindakan pramugari Garuda itu merupakan bentuk perbuatan melawan hukum.

"Dikabulkannya ganti rugi immateril ini sangat beralasan mengingat peristiwa tersebut menimbulkan bekas luka di bagian dada yang tidak bisa hilang (cacat tetap)," ungkap David.

Ia menjelaskan, bahwa satu pertimbangan Majelis Hakim di antaranya, akibat peristiwa tumpahnya air panas tersebut penggugat mengalami rasa kesedihan dan kecewa yang menyiksa batin penggugat sebagai seorang perempuan.

"Bahkan dapat dipastikan bahwa keadaan itu telah merenggut rasa kesenangan hidup penggugat baik saat menderita sakit secara fisik hingga saat ini," ujarnya.

David menilai putusan ini bisa menjadi preseden baik dan dijadikan pembelajaran bagi seluruh maskapai, agar kedepannya lebih berhati-hati dalam memberikan pelayanan guna melindungi hak-hak konsumen.

Halaman
12
Penulis: Leo Permana
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved