Breaking News:

Kelompok Begal 'Geng Wadu' 20 Kali Lancarkan Aksi Begal, Termasuk Terhadap Adik Vicky Prasetyo

Setiap melancarkan aksi, kelompok Geng Wadu selalu mempersenjatai diri dengan senjata tajam mulai dari celurit, parang, hingga golok.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erlina Fury Santika
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi AKBP Rizal Marito (tengah) saat konferensi pers ungkap kasus begal di Mapolres Metro Bekasi, Rabu, (23/1/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, CIKARANG - Kelompok begal 'Geng Wadu' atau Geng Warung Dua tergolong kelompok kejahatan yang cukup sadis. Kelompok tersebut sudah beraksi sebanyak 20 kali dan meresahkan warga Kabupaten Bekasi.

Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi AKBP Rizal Marito mengatakan, pihaknya telah menangkap lima orang anggota kelompok begal Geng Wadu. Mereka mulai diburu usai melukai adik kandung artis Vicky Prasetyo bernama Herbowo Darminto pada, 7 Desember 2018 lalu.

"Kelima pelaku diantaranya, AZ, KF, JK, BS, dan AM. Satu dari lima pelaku ini masih di bawah umur, dua anggota lainnya kini masih kita buru," kata Rizal di Mapolres Bekasi, Jalan Ki Hajar Dewantara, Cikarang, Bekasi, (23/1/2019).

Berdasarkan hasil pemeriksaan, kelompok begal ini rupanya sudah beraksi sebanyak 20 kali. Setiap melancarkan aksi, kelompok Geng Wadu selalu mempersenjatai diri dengan senjata tajam mulai dari celurit, parang, hingga golok.

"Ini adalah geng yang sangat meresahkan sebetulnya, tercatat lebih dari 20 kali mereka sudah melakukan (aksi begal)," jelas dia.

Adapun modus kajahatan yang dilakukan Geng Wardu yakni mengincar korban yang tengah berkendara seorang diri atau berdua di malam hari, saat kondisi jalan sepi. Kemudian secara bergerombol memepet korban sambil mengancam dengan senjata tajam.

"Jadi mereka mobile patroli saja bergerombol, ketika ada korban langsung diancam pakai senjata tajam, kalau korbannya melawan mereka tidak segan melukai, tapi mereka juga kerap mengincar korban yang sedang nongkrong atau duduk di pinggir jalan," jelas dia.

Seperti yang diketahui, adik Vicky Prasetyo, Herbowo Darminto mengalami luka bacok di bagian punggung, kaki, dan beberapa luka bacok lainnya. Kejadian terjadi di Jalan Gatot Subroto, Desa Karang Asih, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jumat, 7 Desember 2018 lalu, dini hari.

Selain adik Vicky Prasetyo, polisi juga menerima laporan dari sejumlah korban lainnya yakni, Yusuf bin Warno, warga Sukatani yang juga jadi korban kebrutalan Geng Wadu.

Saat itu, korban sedang menjaga toko lalu di hampiri dua orang anggota Geng Wadu. Kemudian kedua pelaku langsung mengancam korban dengan senjata tajam lalu merampas ponsel korban. Kejadian terjadi pada 26 Desember 2019 sekitar pukul 02.30 WIB.

Kemudian korban lainnya yakni Luki Rahman, saat itu korban dibegal ketika melintas di Pulosirih, Desa Sukajadi, Kecamatan Sukakarya, Bekasi. Kejadia terjadi pada, 15 November 2018 sekitar pujul 20.45 WIB.

Korban yang baru pulang kerja berboncengan sepeda motor dengan temannya tiba-tiba dari arah kanan sepeda motornya dipepet dan ditendang hingga terjatuh. Pelaku kemudian merampas sepeda motor korban setelah sebelumnya membacok korban dengan calurit.

Kelima pelaku kini mendekam di tahanan Mapolres Metro Bekasi, mereka dijerat pasal 351 tentang penganiayaan dan padal 365 tentang pencurian dengan kekerasan ancaman hukuman 20 tahun penjara.

"Barang bukti yang kita amankan diantaranya satu bilang celurit, satu unit sepeda motor, dan dua ponsel," terang Rizal.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved