Politikus PKS Minta KPK Umumkan Nama Anggota DPR yang Belum Lapor LHKPN

ini bisa menjadi semacam sanksi sosial bagi anggota DPR yang belum melaporkan harta kekayaannya.

Politikus PKS Minta KPK Umumkan Nama Anggota DPR yang Belum Lapor LHKPN
TribunJakarta.com/Nawir Arsyad Akbar
Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional Mardani Ali Sera setelah menghadiri Deklarasi Emak-Emak Indonesia Jaya (Emak Ija) di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (20/11/2018). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Wakil Ketua Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera menyarankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengumumkan nama-nama anggota DPR yang belum menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Menurutnya, hal ini bisa menjadi semacam sanksi sosial bagi anggota DPR yang belum melaporkan harta kekayaannya.

"Walaupun tidak ada sanksi, tapi baik bagi publik untuk mengetahui siapa yang buat laporan dan siapa yang enggak karena ini sanksi sosial," tegas Mardani Ali Sera di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (24/1/2019).

Legislator PKS itu mengatakan cara tersebut dapat memancing anggota DPR untuk segera membuat LHKPN. Dia sendiri mengaku sudah membuat laporan harta kekayaan pada Agustus 2018.

Mardani pun mendorong anggota lain untuk segera melaporkan harta kekayaannya karena cara pelaporannya sangat mudah melalui sistem elektronik.

"Menurut saya ini momentum bagus untuk mengungkap seperti apa sebetulnya kepatutan dan kepatuhan kita sebagai pejabat negara terhadap LHKPN," jelasnya.

"LHKPN-nya KPK itu juga sudah sangat dimudahkan karena kita tidak menyetorkan fisik tapi kita menyetorkan elektroniknya," pungkas Mardani.

Partai Hanura Jadi Parpol yang Terendah Kepatuhannya dalam Laporkan Data LHKPN

KPK: 106 Anggota DPRD DKI Jakarta Tidak Ada yang Melapor LHKPN Tahun 2018

Sebelumnya, data KPK mengungkapkan tingkat kepatuhan LHKPN Tahun 2018 di DPR hanya sebesar 21,42 persen dari total 536 wajib lapor.

Berita ini telah tayang di Tribunnews dengan judul: Mardani Ali Sera Minta KPK Umumkan Nama Anggota DPR yang Belum Lapor LHKPN

Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved