Breaking News:

Lebih Aktif dari Kucing, Ini Tips Pelihara Musang untuk Pemula

Yang membuat musang berbeda dari kucing ialah kotorannya yang menurut Evi tidak begitu bau meskipun hewan tersebut adalah omnivora.

Penulis: Anisa Kurniasih | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/ANISA KURNIASIH
Evi Sabir (kedua dari kiri) ketua Perkumpulan Pemerhati Musang Indonesia (PEPMI) bersama komunitasnya di kawasan Senopati Jakarta Selatan, Kamis malam (24/1/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Anisa Kurniasih

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBAYORAN BARU - Memelihara musang kini bukan hal yang aneh bagi pecinta hewan di Indonesia.

Hewan nokturnal yang aktif di malam hari tersebut rupanya bisa menjadi hewan yang dekat dengan tuannya seperti kucing dan anjing.

Namun hewan pemanjat yang tingkahnya sedikit lebih aktif ketimbang kucing ini memang harus diberikan perhatian khusus agar bisa beradaptasi dengan lingkungan rumah yang ia tinggali.

Hal itu dijelaskan oleh Evi Sabir selaku ketua Perkumpulan Pemerhati Musang Indonesia (PEPMI).

Menurutnya, musang bisa menjadi teman yang baik jika dirawat dengan cara yang baik pula oleh si pemelihara.

"Musang ini hewan nokturnal yang aktif pada malam hari dan pertama kita harus bisa memahaminya. Selain itu jika dia dilepaskan di taman, harus menjaganya dengan hati-hati. Jangan sampai kebiasannya yang suka memanjat membuat mereka masuk ke rumah tetangga dan membuat kaget," ujar Evi Sabir kepada TribunJakarta.com di kawasan Senopati Jakarta Selatan, Kamis (24/1/2019).

Evi pun mengatakan bahwa karakter musang tidaklah sebuas apa yang dibayangkan orang pada umumnya.

Perkumpulan Pemerhati Musang Indonesia (PEPMI) bersama komunitasnya di kawasan Senopati Jakarta Selatan, Kamis malam (24/1/2019).
Perkumpulan Pemerhati Musang Indonesia (PEPMI) bersama komunitasnya di kawasan Senopati Jakarta Selatan, Kamis malam (24/1/2019). (TRIBUNJAKARTA.COM/ANISA KURNIASIH)

Menurutnya, musang merupakan hewan pemakan segalanya (Omnivora), sehingga sangat mudah untuk merawatnya.

Nah bagi kalian para pemula yang ingin menjadikan musang sebagai peliharaan, nampaknya perlu memperhatikan deretan tips khusus yang diberikan oleh Evi Sabir.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved