Breaking News:

Mahasiswa dan Pelajar Dominasi Kecelakaan Lalu Lintas Saat Berkendara Motor

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf mengungkapkan kendaraan roda dua atau sepeda motor mendominasi kecelakaan lalu lintas.

TribunJakarta.com/Novian Ardiansyah
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf saat memimpin mahasiswa mendeklarasikan road safety menuju zero accident di Universitas Ukrida, Senin (28/1/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Novian Ardiansyah

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBON JERUK - Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf mengungkapkan kendaraan roda dua atau sepeda motor mendominasi kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Jakarta.

Hal tersebut merujuk pada data kecelakaan lau lintas yang terjadi di Jakarta kurun waktu enam tahun terakhir.

"Selama enam tahun terakhir ini kecelakaan lalu lintas di Jakarta disebabkan oleh sepeda motor yang paling besar melibatkan roda dua yang paling besar di mana mencapai 34,5 persen. Kemudian roda empat 14,3 persen, jumlah pelanggaran yang paling dominan juga oleh roda dua," tutur Yusuf di Universitas Ukrida, Jakarta Barat, Senin (28/1/2019).

Berdasarkan data itu, lanjut Yusuf, kalangan milenial dengan rentang usia 15 - 35 tahun termasuk di dalamnya pekerja, mahasiswa, dan pelajar menjadi pelaku terbanyak penyebab kecelakaan saat berkendara.

"Kejadian laka lantas semakin hari semakin menurun tetapi untuk korban laka lantas khususnya dari kaum milenial itu terjadi peningkatan," kata Yusuf.

"Kemudian profesi dari pada lakalantas di dominasi oleh karyawan atau swasta, mahasiswa, dan pelajar ini yang paling banyak pelaku terjadinya laka lantas," ujarnya.

Dari jumlah milenial yang terlibat laka lantas, dikatakan Yusuf, mayoritas mereka tidak memiliki surat izin mengemudi.

Kondisi Jalan Tak Layak dan Banyak Pembangunan jadi Satu di Antara Faktor Kecelakaan Lalu Lintas

Kecelakaan Tunggal di Tol Cipularang, Sejumlah Penumpang Bus Bima Suci Tergeletak

Maka dari itu, kepolisian menaruh perhatian khusus dengan aktif memberikan sosialisasi terkait keselamatan berkendara ke kampus dan sekolah guna menekan angka milenial yang menjadi korban laka lantas.

"Jadi kaum milenial mendominasi, jadi ada suatu program sasaran utama dari fungsi keselamatan adalah kaum milenial. Karena mereka penerus bangsa yang pastinya akan memimpin negara ini beberapa tahun kedepan," jelas Yusuf.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved