Kondisi Kabel yang Menjuntai di Wilayah Jakarta Selatan Dibetulkan

Selain itu, ada saja ditemukan untaian kabel-kabel yang melengkung bisa mengenai pengendara yang melintas.

Kondisi Kabel yang Menjuntai di Wilayah Jakarta Selatan Dibetulkan
TribunJakarta/Satrio Sarwo Trengginas
Seorang petugas memotong kabel yang menjuntai di Pejaten Barat Jakarta Selatan pada Selasa (29/1/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Satrio Sarwo Trengginas

TRIBUNJAKARTA.COM, PASAR MINGGU - Kabel-kabel tiang listrik yang menjuntai di wilayah Jakarta Selatan, sebagian besar dalam kondisi yang semrawut dan memprihatinkan.

Alur kabel yang sambung menyambung pada tiang listrik pun tak beraturan bahkan tampak diletakkan seadanya.

Selain itu, ada saja ditemukan untaian kabel-kabel yang melengkung bisa mengenai pengendara yang melintas.

Pantauan TribunJakarta.com, sepanjang jalan Pejaten Barat hingga menuju Jalan Kemang Selatan kabel-kabel yang saling menyambung pada tiang listrik tak beraturan.

Terlihat kabel-kabel di perlintasan jalan itu menjuntai rendah di sejumlah titik.

Lurah Pejaten Barat, Rahmat Basuki mengakui memang banyak sekali ditemukan tiang-tiang listrik yang tak beraturan, khususnya di wilayahnya.

"Kalau titiknya kita enggak bisa memastikan, rata-rata memang ada di jalan utama. Tapi bagaimana kita enggak melakukan pembiaran kita satukan dengan kabel yang ada diatasnya," bebernya kepada TribunJakarta.com pada Selasa (29/1/2019) di Pejaten Barat, Jakarta Selatan.

Rahmat Basuki menambahkan Suku Dinas Bina Marga Jakarta Selatan memiliki program tersendiri di sejumlah titik untuk mengamankan kabel-kabel yang tak beraturan itu.

"Ada program untuk penertiban kabel dari atas (Sudin Bina Marga) langsung, ada juga yang dari bawah berasal dari aduan masyarakat. Kalau aduan masih banyak sekali di wilayah saya," tuturnya.

Meski terbilang masih banyak lokasi kabel menjuntai yang harus ditertibkan, Kepala Seksi bidang Utilitas Sudin Bina Marga Jakarta Selatan, Evan Andrian, menambahkan sepanjang tahun 2019, Sudin Bina Marga akan menyisir belasan lokasi kabel yang harus ditertibkan.

Truk Molen Proyek Tol Tabrak Kabel Buat Jalan Serua Raya Macet

Tiang PLN Bengkok Akibat Tahan Berat Kabel Internet yang Dipasang Sembarangan hingga Semrawut

"Di Jakarta Selatan kurang lebih ada 15 titik untuk ditargetkan pada tahun 2019. Ada beberapa lokasi yang harus kita tertibkan," tambahnya.

Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali menyempatkan datang ke sebuah lokasi kabel listrik yang menjuntai rendah membahayakan pejalan kaki di wilayah Pejaten Barat.

Kemudian Marullah memotong sejumlah kabel-kabel itu.

"Kita sudah koordinasikan bahwa kabel yang di sini sudah tak terpakai, oleh karena itu kita potong sekira panjang 1 kilo lebih," tandasnya.

Penulis: Satrio Sarwo Trengginas
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved