Tabloid Indonesia Barokah Sudah Terdistribusi Hampir ke Seluruh Provinsi Indonesia

Bawaslu sudah melakukan kajian internal terkait konten Tabloid Indonesia Barokah

Tabloid Indonesia Barokah Sudah Terdistribusi Hampir ke Seluruh Provinsi Indonesia
TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Tabloid Indonesia Barokah yang diterima pengurus Masjid Annur Kayuringin Bekasi. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menyebut penyebaran Tabloid Indonesia Barokah sudah terdistribusi dihampir seluruh provinsi Indonesia.

Penyebarannya meliputi Papua Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Bali, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Sementara Yogyakarta menjadi wilayah dengan cakupan penyebaran paling luas.

"Penyebarannya kemarin hampir seluruh Indonesia. Dari Papua Barat, NTT, NTB, Bali, Sumsel, Kaltim, Sumut. Hampir seluruhnya ada, baik itu di Jogja, Jateng, hampir semua. Paling banyak di daerah Jogja. Tapi sudah terdistribusi dihampir seluruh provinsi," kata Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar, di kawasan Medan Merdeka Barat, Selasa (29/1/2019).

Meski begitu, Bawaslu sudah melakukan kajian internal terkait konten Tabloid Indonesia Barokah, dan menyimpulkan tabloid tersebut tidak termasuk dalam pelanggaran pidana pemilu.

Namun Bawaslu sudah meminta kepada pihak kepolisian untuk melakukan investigasi lebih lanjut.

Sebab ada dua permasalahan yang mereka hadapi saat ini yakni soal siapa terlapor dan apa keterlibatan terlapor di dalamnya. Apakah mereka sebagai pelaksana, peserta pemilu atau tim kampanye salah satu kubu pilpres 2019.

Soal Ketua Umum PSSI, JK Sebut Erick Thohir Hingga Kesiapan Cak Imin

"Sampai hari kemarin kami melihat bahwa isi Tabloid Indonesia Barokah itu belum melanggar pasal 280 (UU Pemilu) terkait dengan menghina atau ujaran kebencian, dari dua unsur itu, Bawaslu menyatakan bahwa dua itu belum memenuhi syarat atau belum memenuhi unsur," ujar Fritz.

Bawaslu juga tengah dalam upayanya melakukan pencegahan lantaran penyebaran tabloid tersebut dianggap sudah meresahkan masyarakat.

"Bawaslu tetap melakukan pencegahan karena ini adalah proses yang meresahkan masyarakat terkait hal seperti itu," katanya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Bawaslu RI: Tabloid Indonesia Barokah Sudah Merambah Hampir Seluruh Provinsi Indonesia

Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved