Intensitas Hujan yang Tinggi Jadi Faktor Utama Genangan Air di Kelapa Gading

Tingginya intensitas hujan menyebabkan air yang berada di saluran menuju Kali Betik dan Kali Sunter melimpah ke ruas jalan.

Intensitas Hujan yang Tinggi Jadi Faktor Utama Genangan Air di Kelapa Gading
TRIBUNJAKARTA.COM/AFRIYANI GANIS
Jalan Gaya Motor II, Sungai Bambu, Jakarta Utara tergenang banjir usai diguyur hujan deras semalaman, Rabu (30/1/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Afriyani Garnis 

TRIBUNJAKARTA.COM,  KELAPA GADING - Hujan deras yang mengguyur sejak malam hari kemarin menyebabkan empat ruas jalan di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara tergenang, Rabu (30/1/2019).

Puluhan petugas dan mesin pompa diterjunkan untuk mengatasi genangan air tersebut.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Utara Suroto mengatakan, tingginya intensitas hujan menjadi faktor utama terjadinya genangan di empat ruas jalan seperti Jalan Boulevard Raya, Jalan Boulevard Barat, Jalan Pegangsaan Dua dan Jalan Kelapa Hibrida.

“Memang tadi malam kita sadari ya intensitas hujan tinggi dan lebat. itu faktor utamanya,” kata Suroto, Rabu (30/1/2019).

Tingginya intensitas hujan tersebut, menyebabkan air yang berada di saluran menuju Kali Betik dan Kali Sunter melimpah ke ruas jalan.

Namun genangan air itu telah ditangani dengan sejumlah mesin pompa stasioner dan mobile milik Sumber Daya Air (SDA).

“Pompa di Jalan Boulevard Utara ada dua unit masing-masing 500 liter perdetik dan tiga unit Pompa Jalan Hibrida masing-masing 250 liter perdetik sudah diaktifkan. Termasuk pompa stasioner dan pompa Alkon dan Damkar,” paparnya.

Dijelaskannya genangan disebabkan mengecilnya lubang tali air akibat beroperasinya proyek pembangunan ruas Tol Sunter-Pulo Gebang dan Light Rail Transit (LRT).

Kondisi genangan saat ini sudah surut dengan bantuan puluhan petugas, baik Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan SDA Jakarta Utara.

Halaman
12
Penulis: Afriyani Garnis
Editor: Erlina Fury Santika
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved