Tanggapi Polemik Abu Bakar Baasyir, Ali Ngabalin Sebut Semua Hal Rumit Karena Digoreng

Dalam penjelasannya, Ali Ngabalin menjelaskan Presiden Jokowi tidak pernah sebut akan membebaskan Ustaz Ba'asyir secara murni (tanpa syarat).

Tanggapi Polemik Abu Bakar Baasyir, Ali Ngabalin Sebut Semua Hal Rumit Karena Digoreng
TribunJakarta.com/Jaisy Rahman Tohir
Ali Mochtar Ngabalin selepas menghadiri deklarasi Perempuan Tangguh Pilih Jokowi (Pertiwi) Tangerang Selatan (Tangsel), di Hotel Grand Zuri, Serpong, Tangsel, Jumat (14/12/2018). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Staf Khusus Kepresidenan, Ali Mochtar Ngabalin menegaskan kembali polemik yang muncul di masyarakat terkait pembebasan Abu Bakar Baasyir.

Dikutip dari akun YouTube Talkshow tvOne Senin (28/1/2019), Ali Ngabalin menjelaskan bahwa pembebasan Abu Bakar Baasyir tidak akan berbelit apabila tidak digoreng dan diputarbalikkan.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan bahwa Abu Bakar Baasyir akan dibebaskan namun akhirnya batal lantaran Ustaz Ba'asyir tidak mau menandatangani persyaratan dari pembebasan tersebut.

"Presiden tidak pernah sekalipun mengatakan bahwa pembebasan itu tanpa syarat atau pembebasan murni, tidak ada dalam lafal yang dikemukakan oleh presiden," ucap Ngabalin Senin (28/1/2019).

"Presiden, kepala negara, beliau sadar, hari ini orang menggunakan potongan-potongan video potongan-potongan statementnya jadi barang mainan, jadi bahan gorengan itu tidak apa-apa," terang Ngabalin.

Secara tegas, Ngabalin lantas menyebutkan bahwa dirinya berkewajiban untuk memberikan klarifikasi terkait statement tersebut.

"Tapi saya berkewajiban, untuk dan atas nama pemerintah untuk dan atas nama presiden, untuk melakukan klarifikasi," jelas Ngabalin.

Dalam kesempatan yang sama, Ngabalin juga turut memberikan penjelasan terkait respon Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto yang sebelumnya mengoreksi penjelasan dari presiden.

Wiranto sebelumnya menyebut bahwa presiden tidak boleh grasa-grusu dalam menyelesaikan masalah pembebasan Abu Bakar Ba'asyir.

Pernyataan tersebut kemudian membuat sejumlah orang menilai bahwa presiden bertindak sendiri dan tidak berkoordinasi dengan Menkopolhukam.

Halaman
1234
Editor: Erlina Fury Santika
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved