Benahi Transportasi, Pemkot Depok Minta Intervensi Pemerintah Pusat

Pertumbuhan kendaraan baru di Kota Depok yang mencapai 250 sampai 350 per hari.

Benahi Transportasi, Pemkot Depok Minta Intervensi Pemerintah Pusat
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Jalan Ir. H. Juanda, Sukmajaya, Depok, Jumat (25/1/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN MAS - Pertumbuhan kendaraan baru di Kota Depok yang mencapai 250 sampai 350 per hari membuat Pemkot Depok kelabakan menggodok Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) guna membenahi masalah transportasi.

Untuk memuluskan Rencana Induk Transportasi (RIT) Jabodetabek yang diatur Perpres No 55/2018, Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna berharap Pemerintah Pusat turun tangan membantu.

Hal ini diutarakan Pradi saat menyampaikan hasil pertemuan dengan Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla atau JK di Kantor Wakil Presiden pada Senin (28/1/2019) lalu.

"Kami mohon intervensi, tidak hanya dari Provinsi, kami minta bantuan kepada Pemerintah Pusat. Bayangkan bapak, ibu, di Kota Depok, 250 sampai 350 kendaraan baru per hari. Jadi kalau sebulan sudah 9 ribu, setahun sudah hampir 100 ribu, sementara sarana kita tidak bertambah," kata Pradi di Balaikota Depok, Kamis (31/1/2019).

Masalah kian pelik karena warga Depok kini mencapai 2,2 juta, jumlah itu belum termasuk warga yang hanya bermukim tapi tak ber-KTP Depok.

Pradi menuturkan sedikitnya ada 20 persen warga yang tak tercatat, di antaranya berasal dari puluhan ribu mahasiswa yang kos di Depok.

Jumlah mahasiswa dipastikan bakal bertambah saat Universitas Islam Internasional Indonesia yang dibangun di lahan seluas 142 hektare di Cimanggis beres.

"Per hari ini tercatat 2,2 juta. Ini yang tercatat, gimana yang tidak tercatat. Mungkin ada 20 persennya, mungkin ada. Jadi ini Kota yang sangat padat, ditambah lagi dengan mahasiswa-mahasiswa yang ada di Depok," ujarnya.

Bahas Raffi Ahmad dan Dimas Beck, Laudya Chyntia Bella: Justru Sekarang Aku Lebih Dekat Sama Gigi

Ramalan Zodiak Sepanjang Februari 2019: Libra Sebaiknya Batasi Pengeluaran, Capricorn Penuh Cinta

Meski menandakan pembangunan Depok berjalan baik, pesatnya pembangunan yang tak dibarengi bertambahnya sarana dan prasarana membuat Depok kian macet.

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved