Jelang Imlek, 75 Petugas PPSU dan Damkar Bersih-Bersih Vihara di Jatinegara

Ini dilakukan sebagai bentuk kerukunan dan toleransi antarumat beragama di wilayah Jakarta Timur, khususnya Kecamatan Jatinegara.

Jelang Imlek, 75 Petugas PPSU dan Damkar Bersih-Bersih Vihara di Jatinegara
TribunJakarta/Dionisius Arya Bima Suci
Sejumlah petugas PPSU nampak tengah melakukan aksi bersih-bersih di Vihara Avalokotesvara, Kamlung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (1/2/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Dalam rangka menyambut tahun baru China atau Imlek, sebanyak 75 petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) serta petugas Damkar dikerahkan untuk melakukan aksi bersih-bersih di Vihara Avalokotesvara.

Camat Jatinegara Nasrudin Abu Bakar menjelaskan, aksi bersih-bersih ini bertujuan untuk memberikan rasa nyaman kepada warga Tionghoa saat beribadah.

"Melalui kegiatan ini kami ingin memberikan kenyamanan dan kesejukan kepada saudara kita yang akan melaksanakan ibadah dalam rangka tahun baru China atau Imlek," ucapnya kepada awak media, Jumat (1/2/2019).

Dikatakan Nasrudin, tak hanya saat Imlek, aksi bersih-bersih tempat ibadah juga dilakukan menjelang hari besar keagamaan.

Ini dilakukan sebagai bentuk kerukunan dan toleransi antarumat beragama di wilayah Jakarta Timur, khususnya Kecamatan Jatinegara.

"Kegiatan semacam ini memang rutin kami lakukan, saat mau lebaran dan puasa kami bersih-bersih masjid, menjelang natal kami bersih-bersih gereja, dan Imlek juga kami lakukan bersih-bersih vihara," ujarnya di Vihara Avalokotesvara, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur.

Pantauan TribunJakarta.com, sejumlah petugas PPSU nampak membawa beberapa peralatan yang digunakan untuk melakukan aksi bersih-bersih, seperti sapu, ember, gunting rumput, dan pel lantai.

Kemudian mereka membersihkan dan merapikan setiap sudut vihara, mulai dari menggunting tanaman di depan vihara menyapu halaman vihara, hingga merapikan tumpukan karung semen dan pasir di salah satu sudut vihara.

Sederet Ucapan Tahun Baru Imlek 2019, Bagus untuk Unggah di Medsos Atau Kirim Pesan via WhatsApp

Ancol Sajikan Kolaborasi Pentas Seni Barongsai dengan Reog Sambut Imlek 2019

Meriahkan Imlek, Dua Mal di Jakarta Barat Ini Gelar Midnight Shopping

Tak hanya itu, trotoar yang berada di depan vihara tal luput dari akso bersih-bersih.

Dibantu oleh petugas Damkar yang menyemprotkan air dari tangki mobil, trotoar tersebut disapu dan disikat oleh sejumlah petugas PPSU.

Camat Jatinegara Nasrudin Abu Bakar pun turut ikut membantu menyikat dan membersihkan trotar tersebut.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved