Punya Pengalaman Politik di Jakarta, Pengamat Sebut Abdurrahman Suhaimi Paling Pantas Dampingi Anies

Tiga kandidat kader PKS, yakni Abdurrahman Suhaimi, Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto telah menjalani proses uji kepatutan dan kelayakan dengan baik.

Punya Pengalaman Politik di Jakarta, Pengamat Sebut Abdurrahman Suhaimi Paling Pantas Dampingi Anies
WARTA KOTA/ANGGIE LIANDA PUTRI
Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Proses seleksi uji kepatutan dan kelayakan fit and proper test Wakil Gubernur DKI Jakarta pendamping Anies Baswedan sudah berlangsung sejak beberapa waktu lalu.

Tiga kandidat kader PKS, yakni Abdurrahman Suhaimi, Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto telah menjalani proses uji kepatutan dan kelayakan dengan baik.

"Harus dipilah ya mana kader yang terbaik dan cocok untuk DKI. Menurut pengamatan saya, bisa jadi misalnya Abdurrahman Suhaimi itu pantas karena posisinya sebagai Ketua Fraksi PKS," kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin kepada wartawan, Jumat (1/2/2019).

Abdurrahman Suhaimi, yang kini menjabat sebagai Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta dinilai lebih pantas menduduki kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta ketimbang dengan dua kader lainnya.

Jika Tak Terpilih Jadi Wagub DKI Suhaimi Tidak Keberatan

Pengalaman Abdurrahman Suhaimi dalam dunia politik di Ibu Kota menjadi catatan penting bagi Ujang Komarudin.

Menurutnya ia pasti sudah memiliki pengetahuan yang cukup sebagai anggota dewan mengenai seluk beluk permasalahan kota Jakarta yang cukup kompleks.

Usai Jalani Fit And Proper Test, Tiga Kandidat Wagub DKI Sowan ke Fraksi PPP

"Artinya ada pengalaman atas proses politik di Jakarta, sehingga memahami apa persoalan-persoalan Jakarta masa kini dan akan datang," kata Ujang.

"Dalam konteks katakanlah Ahmad Syaikhu ini dulu Wali Kota Bekasi artinya juga belum pernah memegang jabatan DKI. Ketika memimpin DKI ini kan belum tentu cocok juga belum tentu bisa juga," tuturnya.

Ujang, mempertanyakan mengenai pengalaman Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto sebagai kandidat wagub DKI.

Pasalnya, keduanya sama-sama belum pernah memiliki pengalaman politik di Jakarta.

Ahmad Syaikhu sebelumnya pernah menjabat sebagai wakil wali kota Bekasi.

Sedangkan Agung Yulianto merupakan sosok pengusaha yang juga merupakan Sekretaris Umum Dewan Pimpinan Wilayah PKS DKI Jakarta.

"Tapi dia punya hak untuk dicalonkan sebagai kader PKS. Kalau dari analisa saya, kalau kita mau menghitung dari standar ukuran pengalaman dan memiliki pengalaman menduduki jabatan DKI, sebenarnya Suhaimi yang cocok. Karena dia anggota DPRD artinya dia tahu persoalan Jakarta," katanya.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved