500 Lilin Hiasi Klenteng Hok Lay Kiong Bekasi Jelang Perayaan Imlek 2019

"Perkiraan ada 700 orang kira-kira yang datang, warga dari Kota Bekasi, dari luar Kota Bekasi juga ada kaya dari Jakarta, dari Kalimantan," jelas dia.

500 Lilin Hiasi Klenteng Hok Lay Kiong Bekasi Jelang Perayaan Imlek 2019
TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Persiapan perayaan Imlek di Klenteng Hok Lay Kiong Kota Bekasi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Klenteng Hok Lay Kiong di Jalan Kenari I, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi menyiapkan sebanyak 500 lilin untuk menyambut perayaan tahun baru Imlek 2570 yang akan dilaksanakan, Selasa, 5 Februari 2019.

Pantauan TribunJakarta.com, sejumlah pengurus klenteng nampak sibuk menata lilin di dalam ruangan utama klenteng Hok Lay Kiong. Sejumlah lilin juga nampak sudah berdiri tegak dan tertata rapih di dekat altar tempat beribadah umat Tionghoa.

Wakil Ketua Pengurus Klenteng Hok Lay Kiong Bok Liang (61) mengatakan, persiapan perayaan imlek sudah dilakukan sejak 10 hari jelang perayaan. Persiapan awalnya dilakukan pembersihan seluruh bangunan klenteng serta pemasangan dekorasi lampion dan hiasan khas Imlek.

"Kalau untuk hari ini kita fokus pemasangan lilin sama perisapan-persiapan lain seperti menyediaab dupa dan perlengkapan ibadah buat nanti malam," kata Bok Liang, Senin, (4/2/2019).

Adapun Lilin yang disiapkan untuk imlek tahun ini sebanayak 500 buah. Lilin tersebut terdiri dari berbagai ukuran mulai dari yang paling kecil hingga yang paling besar setinggi kurang lebih 2 meter.

"Lilin ini dari umat, mereka pesan ke pengurus klenteng, ada yang pesan 50 kati (satu kati 6 1/4 ons) itu Rp 900.000 sampai paling besar 1000 kati itu Rp 18.000.000," kata Bok Liang.

Dia menambahkan, untuk perayaan di malam pergantian tahun, biasanya warga Tionghoa di Bekasi mulai berdatang sejak pukul 18.00 hingga malam pada perayaan puncak pukul 24.00 WIB.

"Perkiraan ada 700 orang kira-kira yang datang, warga dari Kota Bekasi, dari luar Kota Bekasi juga ada kaya dari Jakarta, dari Kalimantan," jelas dia.

Adapun untuk perayaan nanti malam, pihak Klenteng akan menyiapkan pertunjukan kembang api dan pentas seni berupa panggung yang berada di halaman klenteng.

Rayakan Imlek, Yuk Nonton Opera Sun Go Kong di Mal Taman Anggrek

Simak, 4 Fakta Menarik Tentang Tahun Baru Imlek

Memburu Pernak-pernik Imlek di Glodok, Aksesori Imlek Babi yang Paling Laris Diserbu Pembeli

"Untuk dupa kita siapkan kurang lebih ada 2.500 buah, itu pihak klenteng yang siapkan," jelas dia.

Klenteng Hok Lay Kiong sendiri merupakan klenteng tertua di Kota Bekasi. Di menjelaskan klenteng tersebut sudah ada sejak ratusan tahun seiring peradaban warga Tionghoa di wilayah Bekasi.

"Kalau umur klenteng ini memang klenteng tua, jadi banyak umat yang datang dari luar kota yang punya keturunan keluarga di sini merayakan imlek di sini," ungkapnya.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved