Pengendali Narkoba Berjuluk Batman Tertangkap, Penyelundupan 16 Kilo Sabu Asal Malaysia Terbongkar

Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Mabes Polri berhasil menggagalkan penyelundupan 16 kilogram sabu asal Malaysia.

Pengendali Narkoba Berjuluk Batman Tertangkap, Penyelundupan 16 Kilo Sabu Asal Malaysia Terbongkar
TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci
Direktur Dirtippid Narkoba Brigjen Pol Eko Daniyanto memperlihatkan barang bukti sabu yang berhasil diamankan dari enam orang tersangka penyelundup narkoba asal Malaysia, Senin (4/2/2/019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Mabes Polri berhasil menggagalkan penyelundupan 16 kilogram sabu asal Malaysia.

Pengungkapan ini berawal dari tertangkapnya seorang pengendali bernama Apasen (52) pada 18 Januari 2019 lalu di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

"Kasus pertama sebenarnya adalah hasil analisis terus menerus dari Satgas Narcotics International Center (NIC)," ucap Wakil Direktur Dirtippid Narkoba Bareskrim Polri Kombes Pol Krisno Siregar, Selasa (4/2/2019).

Dikatakan Krisno, Apasen berperan sebagai transporter yang bertugas mengendalikan pengiriman narkotika dari Malaysia ke Indonesia melalui Aceh.

Dari keterangan Apasen, petugas langsung melakukan pengembangan dan berhasil meringkus lima orang pelaku lainnya di daerah Aceh pada 19 Januari dan 20 Januari 2019 lalu.

Mereka ialah Amir, Heri, Effendy, Junaedi, dan Sapejan.

"Kami kembangkan dan kami sudah catat semua aktifitas anak buahnya," ujarnya di Gedung Dirtippid Narkoba Bareskrim Polri, Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur.

"Dari informasi awal kami lakukan pengembangan ke Aceh pada 19 Januari 2019 dan berhasil temukan sabu seberat 16 kilogram," tambahnya.

Apasen sendiri merupakan pemain lama yang telah diincar oleh petugas kepolisian sejak tahun 2016 lalu.

"Apasen ini seperti Batman, suka hilang-timbul, hilang-timbul," kata Krisno.

Setelah tiga tahun buron, aset harta kekayaan milik Apasen disinyalir melejit tajam.

Untuk itu, saat ini pihak kepolisian melakukan pendataan aset milik Apasen yang diduga merupakan hasil dari penjualan barang haram narkoba.

2 Pengedar Sabu Tak Berkutik Ditangkap di Rumahnya

Pakai Sabu, PNS KUA Dituntut 1 Tahun Penjara

"Saudara Apasen ini memiliki aset dan harta kekayaan yang kami duga keras hasil tindak pidana narkotika, untuk itu kami akan silidiki," ucapnya.

"Kami akan memiskinkan pelaku dengan menghentikan aliran dana dengan menyidik tidak pidana pencucian uang (TPPU)-nya," tambahnya.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved