Breaking News:

Pemerintah Akan Bangun Jalan Alternatif untuk Mudahkan Akses Pengangkutan di Pelabuhan Kali Adem

Saat memantau area tanggul Pelabuhan Kali Adem hari ini, Junaedi mengamati ada celah di sisi tanggul yang bisa dilebarkan untuk menjadi jalan.

TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino Silitonga
Tanggul dengan tangga di tengahnya yang terbentang di Pelabuhan Kali Adem, Penjaringan, Jakarta Utara. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, PENJARINGAN - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membuat jalan alternatif di sisi tanggul Pelabuhan Kali Adem.

Hal itu demi memudahkan akses warga untuk mengangkut barang ke dermaga, sebelum dibawa menggunakan kapal ke Kepulauan Seribu.

Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi menjelaskan pembangunan jalan alternatif di sisi tanggul merupakan solusi jangka pendek yang sedang direncanakan.

Saat memantau area tanggul Pelabuhan Kali Adem hari ini, Junaedi mengamati ada celah di sisi tanggul yang bisa dilebarkan untuk menjadi jalan alternatif.

"Saya melihat ada celah di samping tanggul yang lebarnya baru satu meter setengah nanti bisa dilebarkan menjadi 3 meter," kata Junaedi, Kamis (7/2/2019).

Sulitnya Akses Melewati Tanggul Kali Adem Berdampak Pada Harga Bahan Pokok di Kepulauan Seribu

Junaedi mengatakan, jalan alternatif dibangun supaya kendaraan pengangkut barang bisa langsung berhenti di tepi dermaga, ke dekat kapal.

Selama ini kendaraan pengangkut barang mesti berhenti di tepi tanggul, tepatnya di bawah tangga, sebelum nantinya barang belanjaan dibawa oleh kuli angkut.

Solusi tersebut menurut Junaedi bakal dirapatkan dalam waktu dekat. Pemkab Kepulauan Seribu akan mengundang Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) dalam rapat nantinya.

"Mudah-mudahan besok pagi kita akan mengundang rapat yang nanti juga akan hadir dari TGUPP yang nanti minta dari Dinas-dinas terkait untuk akses jalan sementara dibangun," kata Junaedi.

Sementara itu, untuk jangka panjangnya, Pemprov juga berencana membuat flyover yang melintasi tanggul tersebut.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved