Pilpres 2019

Prabowo Subianto Sudah Susun Kabinet Bayangan, Kubu Jokowi Belum Bicarakan Soal Menteri

Menurut Ketua Fraksi Gerindra di DPR RI itu, dalam mengisi kabinet, Prabowo akan melibatkan banyak pihak, tidak hanya terbatas partai koalisi

Prabowo Subianto Sudah Susun Kabinet Bayangan, Kubu Jokowi Belum Bicarakan Soal Menteri
Kompas.com/Garry Lotulung
Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, menyampaikan visi misi di debat pertama Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). Debat tersebut mengangkat tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Gerindra Edhy Prabowo mengatakan Calon Presiden Prabowo Subianto sudah memiliki referensi nama-nama yang akan mengisi kursi kabinet bila terpilih pada Pemilu Presiden 2019.

"Ya kita tunggu saja infonya sampai mana yah. Kita masih berjuang kok. Memang benar pak Prabowo sudah punya (referensi)," kata Edhy di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, (13/2/2019).

Hanya saja, Edhy mengaku belum tahu siapa saja nama-nama yang masuk referensi menteri nanti.

Edhy hanya mengatakan Prabowo selalu menyusun beberapa langkah ke depan dengan baik. Bahkan Prabowo selalu menyusun rencana cadangan.

"Karena saya mengenal beliau cukup lama ya 26 tahun saya ikut beliau. Setiap langkah beliau itu sudah punya rencana rencana dan punya antisipasi antisipasi dan saya pikir beliau bukan baru dikontes ini. Beliau lama di prajurit, sebagai prajurit TNI juga harus ada rencana cadangan dan sebagainya yah dan beliau sudah. Saya percaya dikepala beliau sudah ada nama nama yang dicatat sebagai referensi manakala beliau dipercaya masyarakat indonesia," katanya.

Menurut Ketua Fraksi Gerindra di DPR RI itu, dalam mengisi kabinet, Prabowo akan melibatkan banyak pihak, tidak hanya terbatas partai koalisi. Prabowo akan melibatkan putra putri terbaik bangsa dalam membantunya di pemerintahan.

"Namun sebaiknya, kita tidak usah membicarakan itu dulu, kita menang dulu, kita pastikan dapat mandat dulu, baru kita bicara lebih detail," pungkasnya.

Kabinet Bayangan Dinilai Lazim
Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso mengatakan kabinet bayangan lazim terjadi di negara demokrasi. Tapi menurutnya, tidak dengan Indonesia.

"Meskipun dalam pikiran ke depan bagus juga mulai disiapkan kabinet bayangan, itu lumrah terjadi di negara demokrasi, tapi kalau di Indonesia itu belum lazim," sebut Priyo di KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis (14/2/2019).

Menurut Priyo dari segi budaya politik Indonesia, mempersiapkan struktur kabinet jauh sebelum hasil perhitungan suara Pemilu resmi ditetapkan adalah hal baru.

Halaman
123
Penulis: MuhammadZulfikar
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved