8 Pungli di Tanah Abang Pasang Tarif Parkir Mobil Capai Rp 25 Ribu

Delapan terduga pelaku pungutan liar (pungli) menjalankan aksinya sebagai juru parkir di sekitar Thamrin City dan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

8 Pungli di Tanah Abang Pasang Tarif Parkir Mobil Capai Rp 25 Ribu
TRIBUNJAKARTA.COM/LEO PERMANA
Kondisi sekitar kolong pasar Blok F Tanah Abang usai terjadi kericuhan penertiban PKL pada Kamis (17/1/2019). 

TRIBUNJAKARTA.COM, TANAH ABANG - Delapan terduga pelaku pungutan liar (pungli) menjalankan aksinya sebagai juru parkir di sekitar Thamrin City dan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Kapolsek Tanah Abang AKBP Lukman Cahyono mengatakan para pelaku sengaja menggunakan lapak-lapak kosong sebagai lahan parkir bagi pengunjung Pasar Tanah Abang dan Mal Thamrin City yang tidak mau repot memarkirkan kendaraan di tempat yang disediakan.

Lukman mengatakan, para pelaku mematok tarif yang tidak wajar. Sekali parkir, kendaraan, khususnya mobil, dikenai tarif dari Rp 20.000 hingga Rp 25.000.

“Jadi kan kadang pengunjung suka malas ya untuk parkir motor atau mobil di basement mal atau pasar. Nah, dia (pelaku) ambil kesempatan itu untuk buka usaha,” ucap Lukman saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (16/2/2019).

Lukman mengatakan, para pelaku sengaja membuat karcis agar terlihat bahwa lahan parkir tersebut merupakan parkir resmi.

Para pelaku merupakan pemain lama yang kerab kucing-kucingan dengan petugas saat hendak ditangkap. Pelaku sudah melakukan aksi selama setahun.

“Kalau ada teman ketangkap, mereka yang lain menghilang dulu melakukan parkir liar. Nanti sekiranya sudah dilihat aman karena mata pencahariannya dari parkir ini, ya lanjut lagi perbuatannya,” ucap Lukman.

Setahun Beraksi, 8 Pengangguran Terduga Pelaku Pungli di Tanah Abang Akhirnya Tertangkap

Ketua DPRD DKI Siap OTT Terkait Dugaan Pungli Pengurusan Sertifikat Tanah

Polisi menangkap delapan orang yang diduga sering melakukan pungli di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Mereka adalah MEP, A, FA, OS, DA, R, ES, dan MI.

Para pelaku ditangkap pada Kamis lalu. Semua pelaku kini ditahan di Mapolsek Tanah Abang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "8 Pelaku Pungli di Tanah Abang Patok Tarif Parkir hingga Rp 25.000 Per Kendaraan", 

Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved