Menteri Sofyan Djalil Nilai Sertifikat Tanah Gratis Bisa Lepas Masyarakat dari Jeratan Rentenir

Sebanyak lima ribu sertifikat tanah akan dibagikan secara gratis oleh Presiden RI Joko Widodo kepada warga Kabupaten Tangerang.

Menteri Sofyan Djalil Nilai Sertifikat Tanah Gratis Bisa Lepas Masyarakat dari Jeratan Rentenir
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Suasana pembagian sertifikat tanah gratis yang rencananya akan dibagikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang, Senin (18/2/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TIGARAKSA - Sebanyak lima ribu sertifikat tanah akan dibagikan secara gratis oleh Presiden RI Joko Widodo kepada warga Kabupaten Tangerang di Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang.

Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Abdul Djalil menyebutkan, program pembagian sertifikat tanah dengan proses kepengurusan yang gratis tersebut, dapat membebaskan masyarakat dari rentenir.

"Kita harus berterima kasih dengan program yang dilakukan pak Presiden, karena dengan program pembagian sertifikat ini, sangat membantu warga untuk tidak melakukan pinjaman ke rentenir dimana, bunganya sangat tinggi dan mencekik," ujar Sofyan di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Senin (18/2/2019).

Ia melanjutkan, program tersebut telah berhasil membantu masyarakat Indonesia dalam memperbaiki tingkat perekonomian.

Menurutnya, total jumlah sertifikat yang telah dibagikan sepanjang tahun 2018 sebanyal sembilan juta sertifikat.

Sedangkan, kata Sofyan, untuk tahun 2019 akan diselesaikan pada 20 desa seluruh Indonesia.

"Target penyelesaian program ini di tahun 2023. Dimana seluruh penduduk Indonesia sudah punya sertifikat dan tingkat kesejahteraan juga naik, karena dengan ini mereka bisa menggadaikan di bank daerah untuk bantuan modal yang bunganya tidak besar," jelas dia.

Sementara, seorang penerima sertifikat juga warga setempat, Maulani mengaku senang dengan adanya program pembagian sertifikat.

Ketua DPRD DKI Siap OTT Terkait Dugaan Pungli Pengurusan Sertifikat Tanah

Terpidana Korupsi Lahan PT KAI: Buat Sertifikat Tanah Orangtua, Tapi Tahu-tahu Dituduh Korupsi

"Seneng banget, kepada pemerintah yang karena saya sudah mendapatkan sertifikat secara gratis. Tanah yang saya punya ini ada 300 meter. Sertifikatnya mau langsung saya proses ke bank untuk pinjaman modal," ungkap Maulani.

Dijadwalkan pada Senin (18/2/2019), Presiden Joko Widodo akan langsung membagikan sebanyak lima ribu sertifikat bagi warga Kabupaten Tangerang.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved