Serunya Ribuan Peserta Ikuti Pawai Cap Go Meh di Bekasi

Perayaan Cap Go Meh di Kota Bekasi diikuti ribuan peserta yang menggelar arak-arakan budaya.

Serunya Ribuan Peserta Ikuti Pawai Cap Go Meh di Bekasi
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Pawai Cap Go Meh di Kota Bekasi 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Perayaan Cap Go Meh di Kota Bekasi diikuti ribuan peserta yang menggelar arak-arakan budaya.

Titik kumpul berada di Kelenteng Hok Lay Kiong, Jalan Mayor Oking, Bekasi Timur, Selasa, (19/2/2019).

Pantauan TribunJakarta.com, arak-arakan budaya mulai bergerak sejak pukul 13.00 WIB. Rute arak-arakan sendiri mengitari sejumlah ruas Jalan seperti, Jalan Kartini, Jalan Ir Juanda, Jalan KH Agus Salim, Jalan Perjuangan, Bulan-bulan Stasiun Bekasi, hingga kembali ke Kelenteng Hok Lay Kiong.

Pawai Cap Go Meh di Kota Bekasi
Pawai Cap Go Meh di Kota Bekasi (TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar)

Ribuan peserta menampilkan sejumlah atraksi budaya budaya khas nusantara dan Tionghoa. Contohnya, Ondel-ondel, Reog Ponorogo, serta kesenian budaya lainnya.

Adapun kesenian khas Tionghoa yang sudah pasti ditampilkan yakni arak-arakan puluahan barongsai, arak-arakan Joli.

Yanto peserta pawai mengatakan, kegiatan arak-arakan atau pawai Cap Go Meh merupan agenda rutin yang sudah dilakukan warga tionghoa Kota Bekasi.

Untuk mempersiapkan pawai kali ini, dia dan rombongan peserta pawai yang menampilkan budaya Joli mengaku sudah sejak satu minggu terakhir mempersiapkan perlengkapan pawai.

Pawai Cap Go Meh di Kota Bekasi
Pawai Cap Go Meh di Kota Bekasi (TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar)

"Udah tahun keberapa ya, udah banyak, ini emang tiap tahun bawa Joli, kota arak sama rombongan, saya dari Bekasi, lahir di Bekasi," kata Yanto.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pancaran Tridharma selaku pengagas acara sekaligus pengelola Kelenteng Hok Lay Kiong, Ronny Hermawan, mengatakan, acara pawai Cap Go Meh tahun ini diikuti sekitar 1000 orang peserta dari Kota Bekasi.

Warga Bekasi Gelar Pawai Cap Go Meh, Ini Rutenya

Begini Pengalihan Arus Saat Festival Pecinan Cap Go Meh di Glodok Pekan Depan

Peserta juga bukan hanya datang dari warga ketetunan tionghoa tetapi juga diikuti sejumlah warga dari tim Marcing Band Sekolah, penggaiat budaya betawi, unsur Kecamatan Bekasi Timur, Pemerintah Kota Bekasi, Polres Metro Bekasi bahkan dari Kodim Kota Bekasi.

"Jadi semua ikut, acara ini bukan acara kegamaan, ini adalah acara budaya, pawai budaya semua budaya ikut memeriahkan," kata Ronny.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved