Anies Baswedan Targetkan Tahun 2030, 75 Persen Warga Jakarta Gunakan Transportasi Umum

"Karena nyaman, terjangkau geografis dan ekonomis dan ini membuat lebih mudah pergi kemana saja tanpa kemacetan," ujarnya.

Anies Baswedan Targetkan Tahun 2030, 75 Persen Warga Jakarta Gunakan Transportasi Umum
TribunJakarta/Leo Permana
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan  saat ditemui usai mendampingi Wakil Presiden RI meninjau pengoperasian MRT (Mass Rapid Transit) rute Bundaran HI - Lebak Bulus, Rabu (20/2/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Leo Permana

TRIBUNJAKARTA.COM, MENTENG - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan turut mendampingi Wakil Presiden RI Jusuf Kalla meninjau pengoperasian MRT (Mass Rapid Transit) rute Bundaran HI - Lebak Bulus, Rabu (20/2/2019).

Usai meninjau bersama-sama, ia menargetkan tahun 2030 mendatang 75% warga Jakarta tidak lagi memakai kendaraan pribadi.

"Pengintegrasian antar moda MRT tersambungkan dengan BRT di atas ini stasiun ini begitu keluar bisa tersambung dengan halte Transjakarta, jadi integrasi ke semua moda itu nomor satu," katanya di lokasi, Rabu (20/2/2019).

"Targetnya di tahun 2030 kita bisa mengubah persentasi yang sekarang ada saat ini 75 persen kendaraan pribadi dan 25 persen kendaraan umum, di 2030 kalau ini bisa diintegrasikan maka akan terbalik, 75 persen umum dan 25 persen gunakan kendaraan pribadi," lanjut dia.

Menurutnya, nantinya orang-orang akan cenderung memilih transportasi umum karena alasan kenyamanan dan terjangkau secara harga.

"Karena nyaman, terjangkau geografis dan ekonomis dan ini membuat lebih mudah pergi kemana saja tanpa kemacetan," ujarnya.

"Jadi itu rencananya, jadi itu Insya Allah integrasinya sudah dimulai sekarang kalau yang dikelola oleh Pemprov DKI semua sudah terintegrasi sekarang dan harapannya semua yang ada di Ibukota semua terintegrasi seperti yang dikelola di DKI," tambah Anies.'

JK Himbau Masyarakat Bisa Berdisiplin saat MRT Difungsikan

Tinjau MRT, JK: Moda Transportasi Nyaman dan Tepat Waktu

JK Mengatakan Indonesia Harusnya Bangun MRT Awal 1990-an

Selain itu, ia menjelaskan nantinya akan disediakan kantung-kantung parkir bagi pengemudi kendaraan pribadi yang ingin menggunakan MRT.

"Park and ride sekarang dibangun di sisi selatan, jadi kita sedang membangun beberapa tempat untuk membangun lokasi parkir kendaraan pribadi di sekitar Lebak Bulus, di sekitar Ragunan, di sekitar Fatmawati, nanti ada tempat-tempat parkir besar untuk warga yang menggunakan kendaraan pribadi bisa parkir, lalu ke stasiun MRT," jelas Anies.

"Ada yang ke stasiun jalan kaki, ada yang ke stasiun menggunakan shutle Transjakarta, nanti semua akan ada di sisi selatan dan semua itu bagi warga yang mau ke Sudirman-Thamrin tidak perlu menggunakan kendaraan pribadi, tapi pake MRT saja," pungkas dia.

Penulis: Leo Permana
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved