Ledakan di Mal Taman Anggrek Peringatan Bagi Pengelola Pusat Perbelanjaan

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Hengki Haryadi ‎mengingatkan kepada pengelola pusat perbelanjaan untuk memastikan keamanan fasilitasnya.

Ledakan di Mal Taman Anggrek Peringatan Bagi Pengelola Pusat Perbelanjaan
TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra
Polisi saat menetapkan dua tersangka terkait ledakan di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat, Jumat (22/2/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PALMERAH - Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Hengki Haryadi ‎mengingatkan kepada pengelola pusat perbelanjaan untuk memastikan keamanan fasilitasnya.

Hal itu berkaca dari kasus ledakan di Mal Taman Anggrek yang terjadi karena adanya kelalaian dari pegawai teknisi.

"‎Kejadian ini tidak boleh terjadi lagi di tempat lain. Karena ini juga adalah area publik apabila safety tidak terjamin nah ini sangat fatal sekali," ujar Hengki di Mapolres Metro Jakarta Barat, Jumat (22/2/2019).

Sementara itu, Pertamina ‎mengingatkan kepada seluruh pengguna untuk memerhatikan keamanan penggunan LPG.

Diketahui, ledakan di Mal Taman Anggrek terjadi karena adanya kebocoran dari pipa gas di area food court lantai 4 Mal tersebut.

"‎Pemeriksaan berkala terhadap tabung, aksesoris tabung LPG seperti selang dan regulator, serta kelayakan kompor harus selalu dilakukan sebagai upaya meminimalisir risiko terjadinya insiden yang tidak diharapkan," ujar Unit Manager Communication dan CSR Pertamina MOR III Dewi Sri Utami.

Wakil Wali Kota Bingung UKPD-nya Banyak Tak Hadir di Musrenbang Kecamatan Sawah Besar

Selain itu, ujar Dewi, pengguna LPG juga perlu memperhatikan kondisi ruangan. Sebab, ruang yang baik harus memiliki ventilasi yang cukup.‎

‎“Saat kita akan menyalakan kompor, pastikan tidak ada bau atau suara gas berdesis dari selang. Pastikan kondisi selang tidak tertekuk, tertindih serta dijaga kebersihannya agar bisa diketahui apabila selang bermasalah,“ ucapnya.

‎Polisi menetapkan dua pegawai PT Mulia Intipelangi berinisial KA dan A sebagai tersangka terkait ledakan yang terjadi di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat.

‎Atas perbuatannya, kedua tersangka dijerat Pasal 188 KUHP atau Pasal 360 KUHP tentang kelalaian mengakibatkan kebakaran dan luka berat‎ dengan ancaman pidana lima tahun penjara.

Penulis: Elga Hikari Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved