Luhut Akui Punya Lahan Tambang Batu Bara Seluas 6 Ribu Hektare

"Sepanjang dia produktif dan sepanjang dia melakukan kewajiban-kewajiban dengan benar, ya enggak ada masalah," ucap Luhut.

Luhut Akui Punya Lahan Tambang Batu Bara Seluas 6 Ribu Hektare
TRIBUNSOLO.COM/ASEP ABDULLAH ROWI
Luhut Binsar Pandjaitan melayani wawancara dengan wartawan usai deklarasi dan pelantikan pengurus Bravo 5 Solo Raya di gedung Bathari, Jalan Slamet Riyadi, Solo, Senin (25/2/2019). 

TRIBUNJAKARTA.COM- Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengakui memiliki lahan negara sebesar 6 ribu hektare di Kalimantan Timur untuk kegiatan pertambangan batu bara. 

Lahan tersebut dijelaskan Luhut Binsar Pandjaitan sudah mendapatkan izin konsensi dan sampai saat ini masih diproduksi.

"6 ribu hektare, punya pemerintah (diberikan konsesi) dan itu produksi. Saya enggak punya HGU (Hak Guna Usaha), saya punya tambang batu bara, berproduksi," ucap Luhut Binsar Pandjaitan di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (26/2/2019).

Menurut Luhut, lahan negara yang dimilikinya selama dijalankan dengan baik atau  berproduktif, maka hal tersebut tidak menjadi masalah.

"Sepanjang dia produktif dan sepanjang dia melakukan kewajiban-kewajiban dengan benar, ya enggak ada masalah," ucap Luhut.

Mahfud MD Sebut Lahan Berstatus HGU Tidak Bisa Dirahasiakan Pemerintah

Prabowo Siap Kembalikan Lahan, Fahri Hamzah Tantang Jokowi Buat Perpu HGU & Singgung Candi Borobudur

Lebih lanjut Luhut mengatakan,  saat ini sudah ada kebijakan satu peta atau one map policy, yang dapat mengetahui kepemilikan tanah di Indonesia.

Oleh sebab itu, kami minta pihak-pihak yang ingin tahu tanah miliknya untuk membuka Geoportal Kebijakan Satu Peta.

"Sekarang dengan adanya one map bisa kelihatan semuanya, sudah terbuka, berlaku pada semua. Ngapain diumumkan cari saja," kata Luhut. (Seno Tri Sulistiyono)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Luhut Akui Punya Lahan 6 Ribu Hektare Milik Negara

Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved