Anggota Meningkat, Jumlah Sampah yang Dikumpulkan di Bank Sampah Anak Si Kumbang Malah Menurun

Sejak diresmikan pada Oktober 2018, anggota bank sampah anak terpadu SI Kumbang di RPTRA Maya Asri 13, Palmerah, Jakarta Barat terus meningkat.

TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra
Anak-anak ‎membawa sampah plastik untuk ditukarkan di bank sampah Si Kumbang di RPTRA Maya Asri 13, Palmerah, Jakarta Barat‎. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PALMERAH - Sejak diresmikan pada Oktober 2018, anggota bank sampah anak terpadu SI Kumbang (Bersih Kumpulkan dan Timbang) di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA)‎ Maya Asri 13, Palmerah, Jakarta Barat terus meningkat.

Sekretaris RPTRA Maya Asri 13 Sri Mulyani mengatakan total anggota bank sampah anak terpadu Si Kumbang saat ini telah berjumlah 105 orang.

"Sebelumnya saat pembukaan SI Kumbang ini pada 25 Oktober 2018 hanya sekitar 50 anak saja yang terdaftar," kata Sri di RPTRA Maya Asri 13, Kamis (28/2/2019).

S‎ri menuturkan salah satu upayanya meningkatkan jumlah anggota bank sampah yakni dengan bekerjasama dengan sejumlah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ada di wilayah Palmerah.

‎"Jadi kami ‎melakukan kegiatan jemput bola ke PAUD dan meminta mereka untuk mengumpulkan sampah seperti sampah plastik misalnya," kata Sri.

Sri menuturkan, setelah sampah plastik itu dikumpulkan, kemudian akan dibawa ke bank sampah Si Kumbang untuk ditimbang dan dibeli.

‎Adapun para anak yang menjadi anggota bank sampah itu akan memiliki buku tabungan khusus untuk mencatat saldo dari hasil sampah yang mereka jual di tempat ini.

"Saldo tersebut dapat disimpan dalam buku tabungan atau ditukar untuk membeli sejumlah alat tulis dan aksesoris daur ulang dari sampah," kata Sri.

Jumlah Sampah yang Dikumpulkan Menurun

Halaman
12
Penulis: Elga Hikari Putra
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved