Marak Berita Hoaks di Medsos, Pemkot Jaksel Beri Penyuluhan Ratusan Siswa SMA

Banyaknya berita hoaks di media sosial dapat memberikan dampak buruk bagi generasi muda yang baru ikut serta dalam politik.

TribunJakarta.com/Satrio Sarwo Trengginas
Kepala Kesbangpol Jaksel, Mohammad Matsani ditemui di ruangannya pada Selasa (5/3/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Satrio Sarwo Trengginas

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBAYORAN BARU - Banyaknya berita hoaks di media sosial dapat memberikan dampak buruk bagi generasi muda yang baru ikut serta dalam politik.

Untuk meredam maraknya hoaks, Pemerintah Kota Jakarta Selatan melalui Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jakarta Selatan menggelar pendidikan politik kepada sejumlah siswa taraf SMA se-Jakarta Selatan.

Acara itu digelar di Hotel BNR Bogor, Jawa Barat selama tiga hari dua malam yang diikuti oleh 120 siswa maupun guru pembimbing dari sejumlah SMA se-Jakarta Selatan.

Menurut Kepala Kesbangpol Jakarta Selatan, Mohammad Matsani, acara itu bertujuan agar siswa-siswi bisa waspada dengan maraknya hoaks di media sosial.

"Di acara itu juga diberikan penyuluhan hati-hati dengan hoaks di media sosial. Kan sangat luar biasa. Sambil mereka berdiskusi dan berdemokrasi," tuturnya kepada TribunJakarta.com di kantor Walikota Jakarta Selatan, Selasa (5/3/2019).

Matsani juga menekankan agar para siswa yang mengikuti rangkaian kegiatan tersebut bisa menangkal banyaknya hoaks.

"Setiap pemateri menerangkan juga selalu diselipkan supaya jangan sampai anak-anak terpolarisasi dengan berita-berita yang belum tentu kebenarannya," katanya.

Jokowi Sebut Elektabilitasnya di Jawa Barat Turun 8 Persen karena Fitnah dan Hoaks

Sidang Perdana Kasus Hoaks Ratna Sarumpaet Resmi Digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan

Kegiatan pendidikan politik ini, lanjut Matsani, rutin digelar setiap tahun.

"Setiap tahun bukan hanya pemilu saja. Kebetulan karena momennya pemilu kita membuka ruang kepada anak-anak itu bagaimana berdemokrasi supaya mereka paham arti pentingnya pemilu buat masa depan bangsa," tandasnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved