Pemilu 2019

Tangerang Selatan Jadi yang Terbanyak WNA Masuk DPT di Banten, Bawaslu Koordinasi dengan Disdukcapil

"Di kota Serang, ada satu orang WNA mesir yg masuk DPT. Ada di DPT, tidak ada di Kemendagri," jelas Didi melalui aplikasi pesan.

Tangerang Selatan Jadi yang Terbanyak WNA Masuk DPT di Banten, Bawaslu Koordinasi dengan Disdukcapil
Istimewa
Pemilu 2019 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNKAKARTA.COM, TANGERANG SELATAN - Masuknya data KTP elektronik warga negara asing (WNA) ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) terjadi di berbagai kota, termasuk di Tangerang Selatan (Tangsel).

Ketua Bawaslu Provinsi Banten, Didi M. Sudih, mengatakan jumlah di Tangsel terbanyak dari dua kota lain yang ditemukan kasus serupa, yakni Cilegon dan Serang.

Didi mendapat data dari rilis KPU, di Tangsel ada lima WNA yang terdaftar di DPT, sedangkan di Cilegon ada satu.

Sedangkan berdasarkan penelusuran sendiri, dk Serang juga ada WNA asal Mesir yang lolos jadi peserta pemilu.

"Di kota Serang, ada satu orang WNA mesir yg masuk DPT. Ada di DPT, tidak ada di Kemendagri," jelas Didi melalui aplikasi pesan singkat, Jumat (8/3/2019).

WNA Masuk DPT Tangerang Selatan, KPU Berikan Cap Tak Memenuhi Syarat

Dari data tersebut, Didi menginstruksikan Bawaslu di tinhkat kabupaten kota untuk berkoordinasi dengan dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan KPU setempat.

"Bawaslu Banten sudah menginstruksikan kepada Bawaslu kabupaten atau kota untuk berkoordinasi dengan Dukcapil dan KPU kabupaten kota," terangnya.

Ketua Bawaslu Tangsel, Muhammad Acep, mengatakan sudah mengikuti instruksi atasannya untuk bersurat ke Disdukcapil terkait data WNA di Tangsel.

"Kita sudah menyurati Diskdukcapil, kalau saya lihat KTP elektronik asing dan yang lokal ini memang sama, mungkin saat pencocokan dan penelitian (coklit) itu mungkin RT dan RW memasukan nama WNA itu," ujar Acep di kantornya, Serpong, Tangsel.

Halaman
12
Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved