Breaking News:

Usulan RUU Permusikan Akhirnya Ditarik, Anang Hermansyah Minta Musisi Bermusyawarah Setelah Pemilu

Pro dan kontra RUU Permusikan terjadi belakang ini. Ada yang meminta revisi draf materi RUU Permusikan, ada pula yang menolak seluruhnya.

TRIBUNNEWS/HERUDIN
Plh Ketua Umum Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Anang Hermansyah berbicara kepada wartawan usai mengikuti rapat membahas RUU Permusikan di Jakarta, Senin (11/2/2019). PAPPRI mengeluarkan pernyataan sikap untuk segera membahas ulang RUU Permusikan, khususnya pasal yang banyak ditolak oleh musisi dan kajian akademis harus dilakukan ulang untuk memahami batasan masalah yang dihadapi praktisi musik. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNJAKARTA.COM - Anggota Komisi X DPR Anang Hermansyah secara resmi menarik usulan RUU Permusikan dari Badan Legislasi (Baleg) DPR RI.

Anang mengatakan, keputusan penarikan usulan draft RUU Permusikan sebagai tindak lanjut dari masukan dan saran dari seluruh stakeholder ekosistem musik di Indonesia.

"Agar terjadi kondusifitas di seluruh stakeholder ekosistem musik di Indonesia," ujar Anang dalam keterangan tertulis dikutip dari Kompas.com, Kamis (7/3/2019).

Anang berharap penarikan RUU Permusikan ini bisa membuat situasi dalam ekosistem musik kembali kondusif.

Menurut dia, persoalan yang terjadi bisa diselesaikan dengan musyawarah. Selain itu, Anang mengatakan bahwa persoalan permusikan bisa kembali dibahas setelah pemilihan legislatif dan pemilihan presiden selesai.

"Mubes baiknya dilaksanakan setelah Pemilu. Kita berembuk bersama, kita beber persoalan yang ada di sektor musik dan bagaimana jalan keluarnya," kata Anang.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah musisi menolak pengesahan draf RUU Permusikan lantaran ada beberapa pasal yang merugikan musisi.

Mereka tergabung dalam Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan

Sebelumnya Anang Hermansyah sepakat untuk tidak melanjutkan pembahasan RUU Permusikan.

Kesepakatan ini didapat dari hasil Konferensi Meja Potlot di markas grup band Slank di Jalan Potlot III, Jakarta Selatan, Senin (12/2/2019), yang mempertemukan antara dua kelompok yang saling berseberangan terkait RUU Permusikan.

Halaman
12
Editor: Erlina Fury Santika
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved