Pemkot Jakarta Pusat Berencana Sulap Trotoar Jalan Kramat Raya dan Cikini Raya Ramah Disabilitas

Menurut rencana, pembangunan akan dimulai pada Juni mendatang dan akan memakan waktu kurang lebih selama lima bulan.

Pemkot Jakarta Pusat Berencana Sulap Trotoar Jalan Kramat Raya dan Cikini Raya Ramah Disabilitas
TribunJakarta.com/Leo Permana
Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi beserta jajarannya serta rekan-rekan dari difabel saat peninjauan di sepanjang trotoar Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Senin (4/2/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, SENEN - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat berencana menyulap trotoar yang ada di sepanjang Jalan Kramat Raya hingga Cikini Raya menjadi ramah disabilitas.

Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Megantara menyebut, jalur pedestrian yang ada di sepanjang jalan tersebut akan diperluas dan dilengkapi sejumlah fasilitas guna memberikan kemudahan mobilitas bagi pejalan kaki.

"Penataan trotoar akan dilakukan Dinas Bima Marga DKI Jakarta sehingga nantinya kawasan Senen-Menteng akan menjadi kawasan ramah disabilitas seperti kawasan Wahid Hasyim dan Sudirman-Thamrin," ucapnya, Minggu (8/3/2019).

Menurut rencana, pembangunan akan dimulai pada Juni mendatang dan akan memakan waktu kurang lebih selama lima bulan.

Beragam Terobosan Kantor Imigrasi Jakarta Barat untuk Prioritaskan Penyandang Disabilitas

"Kurang lebih pengerjaan akan memakan waktu lima bulan, bila sesuai rencana dikerjakan Juni berarti diperkirakan rampung akhir tahun ini," ujarnya.

Nantinya, revitalisasi trotoar ini akan menerapkan konsep complete street dengan membagi fungsi jalan secara ideal dan lengkap.

Pembagian dilakukan dengan membagi jalan menjadi beberapa lajur, kemudian sisa lahan akan diperuntukan untuk pembangunan trotoar ramah disabilitas.

Ia pun berharap revitalisasi trotoar berjalan sesuai rencana sehingga masyarakat berkebutuhan khusus dapat lebih dimudahkan dalam mengakses fasilitas publik.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved