Pemilu 2019

KPU Kota Bekasi Terjunkan 300 Orang Melipat Surat Suara Pemilu 2019

"Karena surat suara untuk DPR ini besar ya mereka harus melakukan lima kali lipatan, untuk satu lembar kurang dari satu menitlah," papar Nurul.

KPU Kota Bekasi Terjunkan 300 Orang Melipat Surat Suara Pemilu 2019
TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Pekerja saat melakukan proses pelipatan surat suara di gudang penyimpanan surat suara KPU Kota Bekasi di GOR Voli, Jalan Jenderal Ahmad Yani. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi mulai melakukan pelipatan surat suara pemilu. Sebanyak 300 orang pekerja diterjunkan dalam proses pelipatan tersebut.

Ketua KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni, mengatakan, hari pertama pelipatan surat sura, pihaknya terlebih dahulu melakukan pelipatan jenis surat suara untuk pemilihan legislatif (Pileg) DPRD Kota Bekasi.

"Hari ini kita muali lakukan sortir dan lipat surat suara, ada 300 pekerja dibagi ke dalam 12 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 25 orang,"kata Nurul saat dikonfirmasi, Senin, (11/3/2019).

Nurul menambahkan, pelipatan dilakukan di gudang penyimpanan surat suara di GOR Voli, Jalan Jenderal Ahmad Yani , Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

"Pekerjaan mereka pertama harus sortir dulu, untuk melihat apakah ada yang rusak, misal sobek atau ada noda tinta, kemudian juga misalnya warnanya pudar itu masuk kategori surat suara yang rusak nah itu nanti dipisahkan," ungkapnya.

Nurul menjelaskan, untuk satu orang pekerja, pihaknya menargetkan dapat melipat sebanyak 1000 surat suara. Tapi jika target itu tidak tercapai, KPU Kota Bekasi berencana akan merekrut kembali pekerja pelipat surat suara.

"Karena surat suara untuk DPR ini besar ya mereka harus melakukan lima kali lipatan, untuk satu lembar kurang dari satu menitlah," papar Nurul.

Untuk jam kerja, di hari pertama proses pelipatan KPU Kota Bekasi baru menerapkan satu shift, mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17. 00 WIB.

"Kita ambil rata-rata kalau tidak memenuhi target, rencana kita buat shift malam kita rekrut pekerja baru sebanyak 100 orang," jelas dia.

Sempat Molor Sehari, 600 Ribu Lembar Surat Suara Tiba di KPU Kota Tangerang

Telat lima Hari, Surat Suara DPR RI Akhirnya Dikirim ke KPU Tangerang Selatan

Lewat Cara Ini KPU Jakarta Selatan Sosialisasikan ke Pemilih Milenial untuk Aktif di Pemilu 2019

Adapun sejauh ini, logistik surat suara yang sudah tiba di Kota Bekasi belum lengkap. Baru terdapat tiga jenis surat suara yakni untuk DPRD Kota Bekasi, DPRD Provinsi Jawa Barat dapil VIII dan DPR-RI dapil VI.

"Jumlahnya masing-masing jenis 1.715.763 surat suara, kita targetkan 30 Maret 2019 ini sudah rampung semua proses pelipatan," paparnya.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved